Reposisi Pengurus Harian yang Purnatugas

Rakernas dilaksanakan sesuai AD/ART PERPAMSI terkait jabatan Wakil Ketua Umum yang lowong. Sebagaimana diketahui, Kabir Bedi (Waketum) sudah tidak menjabat sebagai Dirut Perumda Tirtanadi. Karena itu, Rakernas memutuskan PAW Waketum dijabat Arief Wisnu Cahyono (Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya). Sementara itu, posisi Sekum yang ditinggalkan Arief Wisnu dipercayakan kepada Rino Indira Gusniawan, yang sehari-hari menjabat sebagai Dirut Perumdam Tirta Pakuan Kota Bogor.

 

Di depan hadirin, yakni jajaran Pengurus Pusat, Pengurus Daerah, Dewan Pengawas, dan para ketua lembaga afiliasi, Ketua Umum PERPAMSI Lalu Ahmad Zaini mengatakan, Rakernaslub dilakukan sebagai amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PERPAMSI.

 

Ia juga menyampaikan, berdasarkan daftar hadir, terdapat 26 pengurus daerah (PD) yang hadir dan empat PD yang tidak hadir. Maka, sesuai tata tertib Rakernas, kehadiran tiga per empat dari anggota memberikan status kuorum.

Rakernas PERPAMSI yang digelar di Jakarta, Kamis (6/6) malam. Agenda utama Rakernas yakni memilih dan mengesahkan PAW Wakil Ketua Umum dan PAW Sekretaris Umum PERPAMSI.

 

“Dalam kepengurusan ini, di luar prediksi kami, Pak Kabir Bedi selaku Wakil Ketua Umum harus purna tugas di Perumda Tirtanadi, lebih cepat dari yang diperkirakan,” ujar Zaini.

 

Ia melanjutkan, sesuai AD/ART Pasal 21, jika terjadi kekosongan Wakil Ketua Umum, maka dilakukan pergantian antarwaktu (PAW) yang dipilih dari pengurus yang ada. Untuk memenuhi ketentuan ini, dilakukan Rakernaslub guna mengisi kekosongan Wakil Ketua Umum sesuai AD/ART Pasal 21. 

 

“Atas nama Pengurus Pusat, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Kabir. Kita semua menyadari bahwa tidak ada jabatan yang abadi, tetapi persaudaraan dan kekeluargaan akan selalu kita pelihara dengan baik,” papar Zaini.

 

“Atas nama Pengurus Pusat, terima kasih kepada Pak Kabir. Kita semua menyadari bahwa tidak ada jabatan yang abadi, tetapi persaudaraan dan kekeluargaan akan selalu kita pelihara dengan baik.”

 

Ramah-tamah dan pemberian cinderamata dari jajaran Pengurus Pusat kepada Kabir Bedi, Wakil Ketua Umum PERPAMSI periode 2021-2024.

 

Secara umum, Rakernaslub berjalan kondusif dan lancar. Tidak ada perdebatan yang tajam kecuali koreksi dan beberapa catatan dari peserta. Hasil keputusan Rakernaslub prinsipnya tetap berlandaskan pada AD/ART, termasuk plotting atau bergesernya jabatan Pengurus Harian (diisi dari Anggota Pengurus Pusat).

 

Selanjutnya, guna menjaga efektifitas dan efisiensi dalam organisasi, untuk Rakernaslub berikutnya, Zaini mengusulkan beberapa poin reposisi. Sebagaimana diketahui,  Zaini diprediksi akan meletakkan jabatannya sebagai Dirut PTAM Giri Menang (sekitar pertengahan Agustus 2024) karena akan maju sebagai kandidat calon KDH Kabupaten Lombok Barat. Bila resmi mundur dari jabatan Dirut PTAM Giri Menang, sesuai AD/ART PERPAMSI, ia juga harus meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum PERPAMSI.

 

“Jadi, diusulkan agar posisi Ketua Umum diisi oleh Pak Arief Wisnu Cahyono. Pak Rino yang saat ini menjadi Sekum menjadi Wakil Ketua Umum. Sementara, posisi Sekretaris Umum nantinya akan diisi oleh Pak Andi Wijaya, yang saat ini duduk di Pengurus Pusat,” ungkap Zaini.

 

Selain itu, demi pemerataan perwakilan dalam kepengurusan, Zaini juga mengusulkan agar perwakilan dari wilayah Sulawesi, khususnya Perumdam Kota Makassar, dapat diterima dalam jajaran Pengurus Pusat. Usulan serupa juga disampaikan untuk Direktur Utama Perumdam Kota Solo agar bisa diterima dalam jajaran Pengurus Pusat.

 

Keputusan penting yang juga diambil dalam Rakernaslub ialah masalah rencana pembelian aset tanah di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).

 

 

Terus Rapatkan Barisan dan Berjuang Bersama

 

Dalam pidato perpisahannya, Kabir Bedi berharap PERPAMSI tetap kokoh berdiri meskipun ada organisasi tandingan yang muncul. Dengan semangat musyawarah dan mufakat, lanjutnya, PERPAMSI terbukti berhasil menjaga kekompakan dan soliditas. Pengambilan keputusan di Pengurus Pusat selalu dilakukan melalui diskusi bersama, sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik bagi organisasi. 

 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PP dan PD PERPAMSI yang telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder. Selama dua setengah tahun ini, kita telah menjalin banyak hubungan persaudaraan yang tidak akan putus,” katanya.

Kabir Bedi, ST., MBA.

Wakil Ketua Umum PERPAMSI 2021-2024

 

Diakui Kabir, dalam menjalankan tugas, tentu banyak kekurangan. Karenanya, ia memohon maaf yang sebesar-besarnya atas semua kekurangan. Ia mengajak segenap insan air minum untuk terus merapatkan barisan dan berjuang bersama mencapai target yang belum tercapai, terutama dalam meningkatkan cakupan pelayanan di atas 80 persen. 

 

“Tentu hal ini adalah kesempatan besar yang dapat kita kembangkan bersama. Harapan terakhir saya adalah agar silaturahmi di antara kita selalu terjaga. Saya juga berharap Pak Ketum sukses menjadi Kepala Daerah dan Pak Arief Wisnu akan menjadi pemimpin yang mampu mengayomi kita semua dengan semangat one for all, all for one,” tutupnya. AZ