Kerja Sama PERPAMSI-VWSA Vietnam

Fokus kerja sama kedua asosiasi ini selama dua tahun ke depan adalah sharing knowledge dan pengembangan ultilitas yang berorientasi pada peningkatan kinerja pelayanan penyediaan air minum.

 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Ketua Umum PERPAMSI Lalu Ahmad Zani dan Ketua VWSA Nguyen Ngoc Diep, di Palembang, Sabtu (22/6) lalu. Penandatanganan disaksikan langsung oleh Pj. Gubernur Sumsel Agus Fatoni, yang juga Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri.

 

Agus Fatoni menyambut baik kunjungan dan kerja sama PERPAMSI dan VWSA. Dirinya menilai, sangat penting untuk terus mengupayakan kerja sama tersebut dan memperluasnya hingga mencakup bidang sumber daya manusia, teknologi, dan aspek-aspek lainnya.

 

Ketua VWSA Nguyen Ngoc Diep menilai, Indonesia merupakan salah satu negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sebagai negara G20, lanjutnya, perekonomian dan jumlah penduduk Indonesia termasuk yang paling menonjol di Asia. Ia juga menekankan pentingnya kerja sama di bidang penyediaan air yang lebih baik bagi kedua belah pihak.

 

Sementara, Ketua Umum PERPAMSI menilai kerja sama tersebut sebagai bukti serius bahwa kedua belah pihak memiliki komitmen kuat untuk sama-sama memajukan pelayanan air minum di kedua negara.

 

Selain penandatanganan MoU, delegasi Vietnam juga melakukan kunjungan ke PT Sriwijaya Mandiri Sumsel (Perseroda), perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Pemprov Sumsel. Selain itu, mereka juga berkunjung ke IPAL Sei Selayur Kalidoni, Perumda Tirta Musi Palembang. AZ