Peringati Hari Air Dunia, Palyja Dorong Kebersamaan Demi Air
Sejalan dengan tema Hari Air Dunia tahun ini yakni “Water and Jobs”, Palyja berkomitmen penuh untuk terus meningkatkan layanan air bersih bagi masyarakat di wilayah barat Jakarta, serta mengajak para pemangku kepentingan untuk turut berperan aktif menjaga ketersediaan air bersih Jakarta.
Pada acara tersebut, Palyja juga meluncurkan “Palyja Goes to School” yaitu program edukasi air kepada siswa-siswi sekolah dasar, sekaligus pembuatan biopori atau sumur resapan di setiap sekolah-sekolah, kick off lomba mengarang untuk siswa-siswi sekolah dasar, serta kick off lomba foto dan menulis untuk media.
Acara yang diikuti oleh multi-stakeholder Palyja, mulai karyawan, pelanggan dan komunitas lingkungan ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti fun walk, senam bersama, kunjungan ke instalasi pengolahan air, memungut sampah, serta pertunjukan tari siswa-siswi sekolah dasar dan musik dari bahan-bahan daur ulang yang dipersembahkan oleh Sanggar Anak Akar.
Tak hanya itu, masih terkait Hari Air Dunia, Palyja juga menggelar berbagai kegiatan lainnya mulai seminar bersama para blogger, aksi simpatik di Patung Kuda dan kawasan Monas bersama Kementerian PUPR, hingga aksi bersama Forum Air Jakarta (FAJ) dan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB). “Hal ini menunjukkan bahwa dalam tugasnya Palyja bersama pihak-pihak lain,” kata Meyritha Maryanie, Corporate Communications and Social Responsibility Division Head Palyja kepada para wartawan.
Saat ini Palyja telah melayani lebih dari tiga juta masyarakat Jakarta yang tinggal di wilayah barat sungai Ciliwung. Dengan kata lain peningkatan populasi yang terlayani mencapai dua kali lipat sejak tahun 1998 yang melayani hanya 1,5 juta orang.
Dari peningkatan jumlah pelanggan tersebut, pertumbuhan pelanggan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sangat signifikan. Sejak 1998, MBR yang dilayani telah meningkat lebih dari delapan kali lipat, dari 60.000 penduduk menjadi lebih dari 500.000 penduduk.
Sementara jumlah sambungan air bersih Palyja hingga akhir tahun 2015 telah mencapai lebih dari 405.000. Angka tersebut juga telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak tahun 1998 sekitar 200.000 sambungan. Palyja bertekad terus meningkatkan layanan kepada masyarakat Jakarta yang tinggal dalam wilayah pelayanannya. (Dvt)