Selamat Datang – Welcome – PERPAMSI - Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia - Graha PERPAMSI, Jl. Dewi Sartika 287, Cawang, Jakarta Timur, Telp. (021) 809 3777, (021) 808 81876
Banner

Delegasi Osaka Kunjungi Graha PERPAMSI

Delegasi Osaka Kunjungi Graha PERPAMSI

Direktur Utama Perumda Tirta Mayang Dwike Riantara bersama delegasi dari Osaka Jepang, berkunjung ke Graha PERPAMSI di Jakarta, Senin (14/11). Para tamu melaporkan rencana WOPs antara Perumda Tirta Mayang dan Osaka Unicipal Waterworks Bureau (operator air minum di Kota Osaka).

Kerja sama antaroperator air minum atau Water Operators' Partnerships (WOPs) adalah program pengembangan air minum yang sangat didukung PERPAMSI. Di tingkat lokal, PERPAMSI telah memiliki Program Kemitraan Solidaritas (PKS) yang diikuti sesama anggota PERPAMSI (bertindak sebagai Mentor dan Resipien). Karena banyaknya manfaat dan keunggulan yang ditawarkan, PKS PERPAMSI banyak mendapat apresiasi baik dari para anggota maupun dari kementerian terkait.

Terkait program WOPs, Senin, (14/11), Dirut Perumda Tirta Mayang Dwike Riantara (yang juga salah satu penggagas PKS PERPAMSI) dan delegasi dari Osaka Jepang, berkunjung ke Graha PERPAMSI di Jakarta. Para tamu diterima Tenaga Ahli PERPAMSI Dr. Subekti dan Kepala Urusan Database dan Infokom Danang Pidekso.

Rencananya kerja sama kedua operator tersebut di bidang capacity building; penurunan kehilangan air, pemeliharaan dan peningkatan kualitas air, serta sharing dan pengenalan peralatan/teknologi.

Para tamu melaporkan rencana WOPs antara Perumda Tirta Mayang dan Osaka Unicipal Waterworks Bureau (operator air minum di Kota Osaka). Rencananya kerja sama kedua operator tersebut di bidang capacity building; penurunan kehilangan air, pemeliharaan dan peningkatan kualitas air, serta sharing dan pengenalan peralatan/teknologi.

“Jambi dan Osaka punya kemiripan. Di antaranya dari sisi jumlah penduduk dan sumber air baku yang sama-sama menggunakan air sungai,” ujar Katsuhiro Tagawa, salah satu team Osaka.

Agar kerja sama ini berjalan maksimal, rencananya kedua operator akan meminta dukungan dari para pihak terkait mulai PERPAMSI, Japan International Cooperation Agency (JICA), dan Direktorat Air Minum, Kementerian PUPR. Tak hanya bekerja sama dengan Perumda Tirta Mayang, delegasi Osaka juga berharap kerja sama bisa diperluas dengan operator air minum anggota PERPAMSI lainnya. AZ

Comments

Berita Lainnya: