Selamat Datang – Welcome – PERPAMSI - Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia - Graha PERPAMSI, Jl. Dewi Sartika 287, Cawang, Jakarta Timur, Telp. (021) 809 3777, (021) 808 81876

Delegasi Belanda Buka Peluang Kerja Sama dengan PERPAMSI

Delegasi Belanda Buka Peluang Kerja Sama dengan PERPAMSI

Program kemitraan air beberapa perusahaan air minum Belanda (WaterWorX) telah berjalan di Perumdam Tirta Negoro Kabupaten Sragen dan Perumdam Tirta Moedal Kota Semarang. Bila tidak ada kendala, dampak program akan dikembangkan melalui PERPAMSI agar lebih banyak pihak yang merasakan manfaatnya.

Delegasi Belanda bersama perwakilan Perumdam Tirta Negoro Kabupaten Sragen dan Perumdam Tirta Moedal Kota Semarang berkunjung ke Graha PERPAMSI, Selasa (21/6). Mereka adalah Pieter Cussel sebagai Koordinator WaterWorX/Oasen NV, Thomas deJong selaku Resident Project Manager VEI Dutch Water, Samuel R (Dirtek Perumdam Tirta Negoro Sragen), Gunawan Wibisana (Dirtek Tirta Moedal), beserta tim. Para tamu diterima Direktur Eksekutif PERPAMSI Agus Sunara dan Tenaga Ahli Subekti.

Program WaterWorX (WWX) adalah inisiatif bersama 10 perusahaan air Belanda dan Kementerian Luar Negeri Belanda. Program yang diusung berkontribusi pada Tujuan 6 Sustainable Development Goals (SDGs) yakni air bersih dan sanitasi layak untuk semua. WWX hadir untuk menjalin kemitraan operator air (WOPs) antara Belanda dan perusahaan air lokal.

Sebagaimana diketahui, WWX sudah dilakukan dalam kerangka kerja sama business to business (b to b) dengan dua operator, yakni Perumdam Tirta Negoro-Oasen NV (sejak 2017) dan Perumdam Tirta Moedel-VEI (sejak 2019). Di Tirto Negoro Sragen kerja sama yang terjalin, antara lain terkait NRW, produksi, manajemen aset, IT, hublang dan keuangan. Sementara di Tirta Moedal Semarang kerja sama yang dilakukan yakni pengembangan jaringan, survei kepuasan pelanggan, program NRW, efisiensi energi dan manajemen aset.

Berdasarkan pengalaman dan kerja sama yang telah terjalin dengan dua operator air lokal tersebut, delegasi Belanda bermaksud memperluas dampak program WWX. 

Sejak terjalin hingga saat ini, kedua operator air lokal tersebut telah merasakan manfaat kerja sama. Peningkatan kinerja dan pelayanan cukup terasa di bidang yang dikerjasamakan.

Berdasarkan pengalaman dan kerja sama yang telah terjalin dengan dua operator air lokal tersebut, delegasi Belanda bermaksud memperluas dampak program WWX. Peluang kerja sama ditawarkan kepada PERPAMSI baik dalam bentuk pembentukan training centre (TC), program pelatihan untuk trainer, pengembangan best practices ke sesama operator, dan sebagainya.

Direktur Eksekutif PERPAMSI Agus Sunara menyambut baik peluang kerja sama dalam program WWX Belanda. Agar program bisa berjalan baik dan berkesinambungan, ia berharap kerja sama bisa dilakukan di bawah naungan asosiasi PERPAMSI. AZ

 

Comments

Berita Lainnya: