Selamat Datang – Welcome – PERPAMSI - Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia - Graha PERPAMSI, Jl. Dewi Sartika 287, Cawang, Jakarta Timur, Telp. (021) 809 3777, (021) 808 81876

Rakernas PERPAMSI 2021 Tetapkan Solo Lokasi MAPAMNAS XIV

Rakernas PERPAMSI 2021 Tetapkan Solo Lokasi MAPAMNAS  XIV

Setelah sukses menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) PERPAMSI 2021 secara daring (online) pada tanggal 11 Februari 2021, PERPAMSI kembali menggelar Rakernas yang kali ini dilakukan secara tatap muka (offline) di Bandung, 25-26 Maret 2021.

Banner
Banner
Banner

Rakernas PERPAMSI 2021 secara tatap muka dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Ditjen Bina Keuangan Daerah, Komaedi. Ikut mendampingi Direktur BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah, Kemendagri, HM Budi Santosa.

Rakernas yang digelar mengikuti protokel kesehatan (Prokes) yang dianjurkan Pemerintah, diikuti Pengurus Pusat PERPAMSI yang dipimpin Ketua Umum H. Rudie Kusmayadi, 29 Pengurus Daerah (dari 31 PD), dan Dewan Pengawas. Rakernas ini juga diikuti melalaui video conference oleh Wakil Ketua Umum PERPAMSI Lalu Ahmad Zaini yang berhalangan hadir.

Di sela-sela Rakernas dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) PERPAMSI dengan PT Telkom terkait digitalisasi SPAM, dan MoU PERPAMSI dengan Bima Sakti Alterra terkait pemanfaatan teknologi informasi (TI) untuk sistem penagihan terpusat (Coklit) rekening Hankam/TNI.

Dalam musyawarah, muncul usulan enam kandidat tuan rumah MAPAMNAS XIV, yakni di Kota Bandung (Jabar), Kota Mataran (NTB), Parapat (Sumut), Kota Padang (Sumbar), Solo (Jateng), dan Jakarta.

Dalam arahannya, Komaedi mengapresiasi Rakernas PERPAMSI. Selain memaparkan tentang pentingnya peran BUMD air minum  dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ia juga menekankan pentingnya sinergitas antara Kemendagri dan PERPAMSI, terutama dalam mendorong kinerja BUMD air minum dikelola dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Jalannya Rakernas sendiri berlangsung lancar dan sesuai jadwal. Dimulai dengan pembukaan Sidang Pleno oleh Ketua Umum PERPAMSI, musyawarah dilanjutkan dengan pembacaan dan pengesahan Tata Tertib dan Agenda Rakernas oleh Sekretaris Umum Sonny Salimi. Selanjutnya dilakukan penetapan lokasi Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (MAPAMNAS) ke-XIV.

Dalam musyawarah, muncul usulan enam kandidat tuan rumah MAPAMNAS XIV, yakni di Kota Bandung (Jabar), Kota Mataran (NTB), Parapat (Sumut), Kota Padang (Sumbar), Solo (Jateng), dan Jakarta. Forum sepakat untuk dilakukan voting tertutup guna menentukan lokasi terpilih. Uniknya, voting harus dilakukan dua kali karena pada saat voting pertama, jumlah perolehan suara Solo dan Parapat sama, yakni 9 suara. Sementara Jakarta (6 suara), Mataram (3 suara), Bandung (1 suara), dan Padang (1 suara).

Di voting kedua, suara untuk Solo dan Parapat sempat saling kejar dan susul menyusul demi memperebutkan 29 suara PD yang hadir. Saat poin kedua calon lokasi sama, yakni 14, semua yang hadir dibuat deg-degan menunggu hasil suara terakhir dibacakan. Suara terakhir akhirnya menjadi penentu lokasi MAPAMNAS XIV, yakni Solo.

Dengan dipilihnya Solo sebagai lokasi MAPAMNAS XIV, diharapkan ajang pertemuan terbesar para tukang ledeng seluruh Indonesia, yang diprediksi bakal dihadiri 1.500 insan perairminuman dari penjuru Tanah Air, bisa dibuka dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. AZ

Comments

Berita Lainnya: