MAPAMNAS Forum Organisasi tertinggi PERPAMSI

Sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), PERPAMSI mengadakan Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional (MAPAMNAS) setiap empat tahun. Agenda utama MAPAMNAS adalah memilih Pengurus Baru DPP PERPAMSI dan menetapkan langkah-langkah strategis organisasi ke depan. MAPAMNAS adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi PERPAMSI. Kegiatan ini dihadiri oleh para pemilik hak suara yakni setiap PDAM/operator air minum swasta (diwakili oleh direksi) dari seluruh Indonesia yang saat ini berjumlah sekitar 422 entitas (PDAM/swasta/BLUD).

Sejak berdiri pada tanggal 8 April 1972, PERPAMSI sudah dua belas kali melaksanakan MAPAMNAS. MAPAMNAS pertama diselenggarakan di Kopeng, Jawa Tengah, 7-8 April 1972, periode empat tahun berikutnya dan seterusnya MAPAMNAS diselenggarakan di kota-kota besar Indonesia yakni Medan, Ujung Pandang, Malang, Surakarta, Bali, Bandung, Jakarta, Makassar, Batam  dan MAPAMNAS terakhir atau MAPAMNAS XII diselenggarakan di Palembang, 26-29 November 2013. MAPAMNAS XII mengantarkan H. Rudie Kusmayadie, B.E., M.Si., sebagai Ketua Umum PERPAMSI periode 2013-2017, menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dr. Ir. H. Syaiful.

Selain IWWEF dan PORPAMSI, event MAPAMNAS hampir dipastikan selalu menyedot antusiasme para insan air minum dari seluruh Indonesia. Terlebih di sela-sela penyelenggaraan MAPAMNAS diselenggarakan pula pameran air minum terkini dari lembaga-lembaga dan perusahaan-perusahaan besar baik dari dalam maupun luar negeri. Event MAPAMNAS dihadiri tak kurang dari 1.500 pengunjung yang terdiri dari para direksi dan karyawan PDAM, unsur perguruan tinggi,  pemerintah, pelaku bisnis air minum, LSM, lembaga donor, dan masyarakat umum.