PERPAMSI Goes to Bromo 2018

PERPAMSI Goes to Bromo 2018

Guna mempererat silaturahmi dan kekompakan di antara komunitas-komunitas yang terhimpun di dalam Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI), pada 20-22 Juli 2018, digelar “Gathering Community Goes to Bromo 2018”.

Sekitar 29 orang karyawan Sekretariat dan beberapa Pengurus Pusat PERPAMSI seperti T Novizal Aiyub dan Sonny Salimi, termasuk Ketua Umum Erlan Hidayat dan Sekretaris Umum Mujiaman, serta Anggota Dewan Pengawas PP PERPAMSI I Made Lestariana mengikuti kegiatan ini.

Acara dimulai pada Jumat, 20 Juli 2018. Sebagian besar peserta bertolak dari Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta menuju Bandara Abdurrachman Saleh, Kota Malang, Jawa Timur. Setibanya di Malang pada siang hari, tim PERPAMSI “gathering community” kemudian melanjutkan perjalanan di Kota Malang, tepatnya di Kampung Lampion Jodipan atau dikenal dengan sebutan “Kampung Tridi”. Kampung warna-warni yang menyuguhkan suasana penuh warna cerah dengan jembatan kaca di dalamnya tersebut, menjadi destinasi pertama yang disinggahi tim PERPAMSI.

Mengingat waktu yang hampir mendekati waktu sholat Jumat, tim kemudian mampir Ishoma di Taman Indi River View Resto. Usai sebagian peserta melaksanakan sholat Jumat, tim kemudian melanjutkan perjalan menuju Hotel Amartha Hills, di Batu, Malang.

 Team Building. Itulah yang kemudian dilakukan para peserta setelah rehat sejenak di hotel. Demi kekompakkan, Ketua Umum PERPAMSI Erlan Hidayat, Sekum PERPAMSI Mujiaman, Direktur Eksekutif PERPAMSI Ashari Mardiono, Ketua Departemen Informasi dan Komunikasi PP PERPAMSI T Novizal Aiyub, dan Anggota Dewan Pengawas PP PERPAMSI I Made Lestariana, secara bergantian memimpin masing-masing regu untuk mengikuti kegiatan team building. Tim yang dipimpin Direktur Eksekutif Ashari Mardiono, menjadi juara umum kekompakkan tim.

Malam harinya, sebelum berangkat ke Bromo, diadakan kegiatan “guyub”, hiburan, sekaligus penyerahan hadiah dan doorprize bagi tim PERPAMSI “gathering community”.

“Inilah PERPAMSI, kita coba bekerja bersama menyatukan PDAM-PDAM, kepentingan PDAM, menyuarakan kepada lembaga yang memiliki kebijakan. Dan itu memerlukan kekompakkan. Di sinilah kita membangun kekompakkan bersama. Apapun karakter permainan yang kita lakukan tadi, intinya adalah kita semua sama. Kita berdiri dengan siapapun di PERPAMSI. Acara ini saya harapkan, kita bisa memperkecil perbedaan di internal kita,” pesan Ketua Umum Erlan Hidayat dalam sambutannya di acara malam hari pertama tersebut.      

Goes to Bromo

Persiapan menuju Bromo dilakukan tim PERPAMSI “gathering community”.  Pukul 23.00 WIB, tim berangkat menuju Bromo. Suhu yang diperkirakan akan ekstrim pada dini hari di Bromo bahkan diperkirakan bakal menyentuh 00 celcius, membuat para peserta  mempersiapkan kelengkapan dengan cermat. Baju berlapis plus jaket, topi, kacamata, sarung tangan, kaus kaki dan sepatu serta senter, menjadi kelengkapan yang dibawa peserta.

Sampai di kaki Gunung Bromo, tim kemudian berganti naik Jeep Hardtop lawas yang tetap tangguh melahap tanjakan dan tikungan tajam menuju puncak Bromo. Kendati di kaki gunung hawa dingin sangat terasa, nyatanya sampai titik pemberhentian di Puncak Bromo, di kawasan “Bukit Cinta” suhu tidak seekstrim yang diperkirakan.

Waktu itu, sekitar pukul  04.30 dini hari, suhu mencapai 110 celcius. Dingin, tetapi tetap nyaman untuk menyaksikan matahari terbit (sunrise) dari  salah satu spot terbaik di Bromo. Ketika hari sedikit terang, sekitar pukul 05.30, peserta bisa menatap dengan cukup jelas  Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren. Dari sini pula pengunjung bisa melihat gagahnya puncak tertinggi di Pulau Jawa, Puncak Mahameru. Kemudian, tim turun dari puncak Bromo dan mampir sekitar setengah jam di kawasan savana, hamparan pasir, dan pure di kaki Gunung Bromo.  

Perjalanan kemudian  dilanjutkan kembali. Setelah rehat makan siang, tim menuju ke Pasuruan, mengunjungi Sumber Air Umbaran di kantor milik PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Setelah itu, tim PERPAMSI “gathering community” kembali ke hotel. Pukul 16.30  peserta diajak jalan-jalan ke Museum Angkut di Kota Batu.

Selesai sudah kegiatan “PERPAMSI Gathering Community Goes to Bromo”. Setelah beristirahat, paginya, Minggu 22 Juli 2018, setelah check out dari hotel, tim kemudian melanjutkan perjalanan menuju Bandara Juanda, Surabaya. Mampir sejenak ke rumah Direktur Eksekutif PERPAMSI, di kawasan Keboan Anom, Sidoarjo  untuk kemudian bersiap kembali menuju Jakarta. DA

 

Comments

Berita Lainnya: