4 Anggota PERPAMSI Juara di LPI Zona Provinsi

4 Anggota PERPAMSI Juara di LPI Zona Provinsi

Liga Pekerja Indonesia (LPI) 2018 sudah bergulir sejak Desember 2017 dan puncaknya akan digelar bertepatan dengan Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2018. Dari total 544 klub sepak bola pekerja yang ambil bagian di kompeteisi ini, sebanyak empat anggota PERPAMSI yakni PDAM Wai Tipalayo Kabupaten Polewali Mandar (Sulbar), PDAM Tirta Batanghari (Jambi), PDAM Kabupaten Malang (Jatim) dan PDAM Kota Tidore (Maluku Utara) berhasil menjadi juara pertama di Zona Provinsi.

Setelah melalui Zona Provinsi (sebanyak 29 provinsi yang ambil bagian di LPI 2018), juara Zona Provinsi harus melalui babak selanjutnya yakni Zona Regional  yang diselenggarakan tanggal 6-14 April 2018 di 8 provinsi. Zona Regional dibagi dalam delapan zona yakni Zona Sumatera 1, Zona Sumatera 2, Zona Jawa 1, Zona Jawa 2, Zona NTB/NTT/Bali, Zona Kalimantan, Zona Sulawesi, dan Zona Maluku/Maluku Utara/Papua/Papua Barat.

Namun, dari 8 Zona Regional, anggota PERPAMSI yang berhasil juara di Zona Regional hanya PDAM Wai Tipalayo Kabupaten Polewali Mandar (juara di Zona Sulawesi), 3 anggota PERPAMSI lainnya harus kandas di babak Zona Regional. PDAM Wai Tipalayo selaku juara di Zona Sulawesi berhak maju di babak delapan besar nasional LPI yang akan berlaga di Jakarta, 25 April hingga 1 Mei 2018. Final akan diselenggarakan di Jakarta, 1 Mei 2018.

LPI sendiri diikuti 544 klub sepak bola yang berasal dari kalangan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) dan perusahaan (termasuk BUMD, BUMN). LPI akan akan memperebutkan Piala Presiden RI Joko Widodo. Piala bergilir ini akan diperebutkan dalam kompetisi Liga Pekerja Indonesia (LPI) 2018 yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Buruh Internasional (May Day) 2018.

“Ini merupakan momen penting bangkitnya kembali sepak bola pekerja/buruh yang telah lama vakum. Momen ini tentu saja dapat memberikan harapan bagi atlet sepak bola untuk tetap berkarir dan berkarya dalam industri sepak bola,” ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri, saat membuka LPI Zona Provinsi Bangka Belitung di Stadion Depati Pangkal Amir, Pangkal Pinang, Kamis (1/2/2018).

Penyelenggaraan LPI terinspirasi dari Galatama/Galakarya yang pernah populer pada era 1970-an dan 1980-an. Galakarya saat itu banyak melahirkan pemain-pemain sepak bola yang ikut memperkuat tim nasional, seperti Ronny Pattinasarani, Rully Nere, Anjas Asmara, dan Andi Lala.

Hanif pun berharap, penyelenggaraan LPI tidak hanya menjadi wahana untuk membangkitkan semangat kebersamaan antar pekerja dan meningkatkan kualitas hubungan industrial, tetapi juga dapat melahirkan kembali atlet sepak bola nasional.

Ditambahkan, penyelenggaraan LPI merupakan sebuah kegiatan yang sengaja diadakan untuk menyambut Hari Buruh Internasional (May Day) 2018. Diharapkan dengan mengisi May Day dengan berbagai kegiatan positif semacam LPI, pekerja, pengusaha, dan pemerintah dapat menikmati suasana May Day yang positif. “Diharapkan melalui berbagai kegiatan positif seperti LPI, buruh tidak hanya berdemo saat memperingati Hari Buruh Internasional. Untuk itu, Kemnaker mendukung berbagai kegiatan positif yang dilakukan untuk merayakan May Day, baik sebelum dan setelah May Day,” katanya. AZ

 

Comments

Berita Lainnya: