Mengarungi Danau Sentani Jayapura

Mengarungi Danau Sentani Jayapura

Salah satu rangkaian peringatan Hari Air Dunia (HAD) yang diselenggarakan PDAM Jayapura yakni menyusuri Danau Sentani. Hari itu, tepat tanggal 22 Maret 2018, rombongan Dirjen SDA Kementerian PUPR Imam Santoso, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Ketua Umum PERPAMSI Erlan Hidayat, dan Direktur Utama PDAM Jayapura Abdul M Petonengan, menyusuri Danau Sentani.

Tarian dan musik daerah menyambut rombongan pada titik pertama kunjungan yakni Kampung Asei Besar. Rangkaian awal kegiatan adalah peletakan batu pertama oleh Dirjen SDA untuk pembangunan MCK yang merupakan program lanjutan di 5 titik di Kampung Asei.

Setelah menikmati ukiran kulit kayu hasil karya penduduk setempat, perjalanan menyusuri Danau Sentani menuju Kampung Yokiwa-Puai, Distrik Sentani Timur tempat puncak acara dipusatkan. Dengan tema “Selamatkan Pegunungan Cycloop Lestari Danau Sentani” diharapkan kegiatan ini menjadi media edukasi dan informasi bahwa air merupakan anugerah Tuhan yang  perlu dijaga.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menekankan, air adalah kehidupan, tanpa air tanpa kehidupan. Alam Papua memberi potensi yang luar biasa, Danau Sentani dan Pengunungan Cycloop yang masuk dalam cagar alam nasional dan perlu dijaga dan mutlak dilestarikan. “Kolaborasi dan kerja sama menjadi tanggung jawab bersama pemerintah kabupaten, kota dan pusat,” katanya.

Dirjen SDA Imam Santoso dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk bersama-sama berkomitmen melakukan pelestarian danau dan Pegunungan Cycloop. Salah satu aksi yakni menanam anakan sagu sebagai wujud dimana ada pohon sagu di situ ada sumber air. “Demi semangat baru untuk Jayapura lebih baik, Papua lebih baik yang dipersembahkan untuk Indonesia,”pungkasnya. RA

Comments

Berita Lainnya: