Forum Gubernur di IWWEF 2017

Forum Gubernur di IWWEF 2017

Gelaran IWWEF 2017 yang akan di selenggarakan di Makassar, 6-8 September nanti akan mengangkat beberapa isu menarik. Salah satunya adalah forum regional yang akan dihadiri beberapa gubernur dan menteri. Forum ini rencananya juga akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Forum regional akan menjadi forum strategis yang  bertujuan untuk mendorong komitmen setiap daerah atau provinsi dan juga kerjasama antar daerah. Seperti kita ketahui, era otonomi daerah saat ini menempatkan pemda sebagai penaggung jawab pembangunan wilayah termasuk pelayanan publik terhadap akes air bersih.

Namun demikian, setiap dareah memiliki keterbatasan sumber daya sehingga kesulitan didalam melayani masyarakat akan air bersih. Sehingga, potensi konflik antar derah dalam pemanfaatan air baku semakin meningkat.  Untuk itu, perlu pendakatan pengelolaan air minum secara terpadu.

“Diperlukan tidak sekedar kemauan politik dan regulasi yang memadai. Peran pemerintah provinsi sangat penting untuk mendorong konsep regionalisasi SPAM. Sulawesi Selatan bisa menjadi model kerjasama sebagai acuan bagi daerah lain,” kata Haris Yasin Limpo selaku tuan rumah IWWEF 2017 yang juga Dirut PDAM Makassar.

Untuk itu, lanjut Haris, seminar forum regional nanti akan mengundang anggota asosiasi gubernur Indonesia sebagai peserta. Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng asosoasi pemerintah daerah dalam forum ini. “Dalam forum ini nanti kita kupas semua, sehingga menghasilkan suatu komitmen bersama dalam mengelola air secara berkelanjutan. Semoga nanti pak Wapres berkenan untuk mengikuti forum ini,” kata Haris.

Dalam acara itu nanti juga aka nada penandatanganan komitmen PDAM dalam memberi pelayanan air bersih. Sudah ada tiga PDAM yang

Selain forum regional, juga terdapat seminar yang tak kalah penting,  yaitu penyusunam peta jalan bersama perairminuman di Indonesia. Beberapa  topik yang akan dibahas antara lain, tujuan SDGs di Indonesia, penguatan kelembagaan SPAM, peta jalan SDA air berkelanjutan di Indonesia dan juga potensi dana wakaf untuk pembangunan air.  Beberapa narasumber yang didatangakan rencananya dari MUI, Bappenas dan juga mantan Dewan Pertimbangan Presiden Emil Salim. Selain kedua forum diatas, juga akan digelar seminar yang membahas prospek investasi air minum dan juga seminar inovasi teknologi.

Selain seminar, seperti IWWEF sebelumnya,  juga akan ada pemeran produk tenologi terkini. Pihak penyelenggara juga akan menggelar acara city tour dan tournament golf untuk memeriahkan suasana. “Saat ini persiapan untuk IWWEF 2017 sudah hampir selesai, saya harap semua Direksi PDAM di Indonesia bisa hadir karena IWWEF kali ini mengangkat isu yang strategis bagi perairminuman di Indonesia,” tambah Haris. (Dvt)

Comments

Berita Lainnya: