Kunjungan Asosiasi Air Filipina

Kunjungan Asosiasi Air Filipina

Perwakilan Asosiasi Air Filipina  (Philippines Association of Water Districts) menyambangi Graha PERPAMSI,  Jumat (21/4). Rombongan  yang berjumlah enam orang  tersebut diterima oleh Wakil Ketua Umum PERPAMSI Muslih didampingi Direktur Eksekutif Ashari Mardiono, Tenaga Ahli PERPAMSI Agus Sunara dan juga Kepala Biro Penyehatan Dwike Riantara.

Maksud dari kedatangan mereka adalah ingin berbagi pengalaman dan belajar soal asosiasi air minum di Indonesia. Mewakili rombongan, Alma Lumactao Abrasaldo bercerita berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi oleh asosiasinya. Beberapa diantaranya soal banyaknya asosisasi air di Filipina, dukungan pemerintah dan juga koordinasi dengan berbagai pihak.

“Koordinasi menjadi tantangan kita dalam menyatukan operator air di Filipina. Karena jumlahnya banyak lebih dari Indonesia,” kata Alma.

Disamping itu, kedatangan mereka juga ingin bertanya soal program dan juga kegiatan PERPAMSI selaku aosiasi air minum. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Muslih menjelaskan, sebagai asosiasi tugas PERPAMSI adalah membantu meningkatkan kinerja anggota dalam hal ini PDAM.

Dalam rangka meningkatkan kinerja tersebut, PERPAMSI memiliki beberapa program diantarnya program kemitraan, pendampingan dan on the job training. Selain itu, PERPAMSI juga turut serta mengawal dan memfasilitasi kebijakan air minum bersama dengan pemerintah.

“Kita juga punya beberap lembaga afiliasi seperti dana pensiun, lembaga pendidikan dan koperasi,” kata Muslih kepada para delegasi Filipina.

Selain berkunjung ke PERPAMSI, para rombongan juga berkunjung ke PT Aetra untuk melihat salah satu aktivitas pelayanan air minum di Jakarta. (Dvt)

Comments

Berita Lainnya: