DPD PERPAMSI Jawa Timur Gelar Bimtek Peningkatan SDM

DPD PERPAMSI Jawa Timur Gelar Bimtek Peningkatan SDM

DPD PERPAMSI Jawa Timur Gelar Bimtek Peningkatan SDM

DPD PERPAMSI Jawa Timur dan Koordinator Wilayah VII DPD PERPAMSI Jawa Timur menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Pegawai PDAM yang dilaksanakan di Hotel Lumajang, 17-19 Februari 2017. Istimewanya, diklat yang diikuti 72 peserta karyawan dari perwakilan PDAM di Jatim, dibuka Bupati Lumajang As’at Malik.

Selain dibuka Bupati Lumajang, pembukaan diklat juga dihadiri para pejabat terkait di lingkungan Pemkab Lumajang seperti Wakil Bupati, Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Lumajang, para pengurus DPD PERPAMSI Jatim, para Dirut PDAM di Wilayah VII Jatim, serta para narasumber diklat.

Dalam sambutannya, Bupati Lumajang As’at Malik menyambut baik upaya DPD PERPAMSI Jatim menyelenggarakan diklat. Ia juga berpesan agar para pihak terkait, terutama para direksi PDAM, memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di PDAM masing-masing. “Dengan demikian akan tercipta SDM yang terampil dan bisa memberikan pelayanan air minum dengan baik,” katanya.

Ketua DPD PERPAMSI Jatim Muhammad mengatakan, secara berkesinambungan pihaknya akan melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk para karyawan PDAM di Jatim. Pelatihan akan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait baik unsur pemerintahan maupun swasta. Ia berharap dengan upaya yang dilakukan tersebut, bisa mendongkrak kapasitas SDM PDAM sehingga ikut meningkatkan kinerja PDAM di Jatim.

Selama pendidikan dan pelatihan semua peserta diberi kesempatan bertanya kepada narasumber dan berdiskusi tentang permasalahan-permasalahan di PDAM. Di akhir pelatihan, diadakan malam keakraban yang diikuti semua peserta diklat dan para direksi PDAM Korwil VII. Diklat ditutup tanggal 19 Februari 2017 oleh Ketua DPD PERPAMSI Jatim Muhammad.

 

Bimtek di Madura

 Seusai menggelar diklat di Lumajang, DPD PERPAMSI Jatim bersama Koordinator Wilayah 1 Madura menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kualitas dan Profesionalitas SDM di Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Sumenep, 17-19 Maret 2017.  Kegiatan yang diikuti 41 peserta adalah tidak lanjut hasil Rakerda 2016 di Batam dan program kerja DPD PERPAMSI Jawa Timur tahun 2017.  

Bimtek dibuka Sekretaris DPD PERPAMSI Jatim Syamsul Hadi dan dihadiri para Direktur PDAM se-Korwil I Madura dan para narasumber. Dalam sambutannya, Syamsul menekankan pentingnya pelatihan dan pendidikan untuk karyawan PDAM di bidang administrasi keuangan maupun teknik. Dengan pelatihan bisa meningkatkan kualitas kerja sehingga akan berimbas pada pelayanan air minum kepada pelanggan.

Di sesi pertama bimtek, narasumber Achmad Fausi Arifin mengusung materi dinamika kelompok. Para peserta diajarkan bagaimana membangun suatu kesatuan dan kekompakan untuk sebuah tim seperti yang telah dijalankan di masing-masing PDAM. Sesi kedua penyediaan air minum dan tarif dengan narasumber Mudjiono yang merupakan mantan direktur PDAM Kabupaten Tuban. Dalam materi disampaikan proses penyediaan air minum mulai dari awal sampai ke pelanggan dan tata cara penyusunan tarif sehingga dengan penyusunan tarif yang tepat bisa mendapatkan tarif FCR untuk PDAM.

Di hari kedua, dilanjutkan dengan materi mengenai budaya kerja dan pelayanan prima yang dibawakan oleh Taufan. Dengan materi tersebut diharapkan peserta mengerti tentang budaya kerja yang berlaku di perusahaan dan juga pelayanan prima yang dikehendaki pelanggan. Setelah itu, dilanjutkan materi mengenai kesehatan mental dan kepribadian. Materi ini dirasa penting karena mental dan kepribadian tidak bisa dipisahkan dalam melaksanakan tugas pelayanan air minum. Pembahasan selanjutnya yakni mengenai pelayanan perkantoran modern, lalu  materi mengenai struktur organisasi dan manajemen kepegawaian.

Di hari kedua juga diadakan malam keakraban yang diikuti semua peserta diklat, para narasumber, serta direktur PDAM se-Korwil 1 Madura. Di hari ketiga peserta kembali berkutat dengan materi yang disampaikan para narasumber dan siangnya acara ditutup secara resmi oleh Wakil Ketua Kompartemen Hukum dan Perundang-Undangan DPD PERPAMSI Jatim Slamet Riyadi. (Suwignyo/Staf Sekretariat DPD PERPAMSI)  

Comments

Berita Lainnya: