PDAM Kabupaten Tangerang Mendapat Penghargaan Dari USA

PDAM Kabupaten Tangerang Mendapat Penghargaan Dari USA

PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang terus mendorong pola pikir para pegawai dalam mengembangkan inovasi dan kreativitas sehingga terwujud pelayanan air minum yang paripurna kepada masyarakat.

Inovasi dan kreativitas merupakan upaya menjawab kebutuhan zaman yang terus berkembang. Saat ini PDAM TKR melayani lebih kurang 130.000 pelanggan dan melayani penjualan air curah (bulk water) ke beberapa kawasan perumahan di seputar Tangerang, serta suplai air ke Jakarta dan bandara. “Pengembangan teknologi juga memengaruhi pola kerja perusahaan menuju pengelolaan yang lebih maju dan modern,” kata Direktur Utama PDAM TKR Kabupaten Tangerang Rusdy Machmud.

ERA Water Company, sebuah perusahaan air minum berkelas dunia asal USA, memberikan penghargaan kepada PDAM TKR berkat keunggulan laboratoriumnya. Dalam piagam penghargaan “Laboratory of Exellence for Achieving 100 % Data in ERA Proficiency Testing", disebutkan laboratorium PDAM TKR memiliki kemampuan akurasi 100 % memeriksa kandungan sampel air.

Selain itu, Balai Diklat Kementeriaan PUPR telah menunjuk PDAM TKR sebagai lokasi studi lapangan bagi peserta diklat yang dikelolanya. Menurut Direktur Teknik PDAM TKR Ida Farida, menjadi pusat percontohan merupakan kepercayaan dan penghargaan tersendiri, namun sekaligus menjadi beban moril untuk selalu berada pada performa perusahaan yang baik.

PDAM TKR juga meraih penghargaan sebagai Wajib Pajak Pengusaha Teladan dalam Membayar Pajak Air Pemukiman kategori Pajak Air Permukiman. Penghargaan yang diberikan oleh Pemprov Banten  diserahkan langsung Gubernur Banten Rano Karno. Pengharagaan tersebut diberikan kepada PDAM TKR sebagai badan usaha yang dinilai taat membayar pajak dan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan daerah dan negara, khususnya berkaitan dengan pembayaran pajak untuk pemakaian air baku dari sungai yang diolah menjadi air minum.

Pengembangan TI

PDAM TKR berharap dengan diresmikannya Contact Centre PDAM TKR, pelanggan bisa dengan mudah menyampaikan keluhan mengenai pelayanan PDAM TKR. Selain itu, pelanggan bisa dengan mudah menanyakan jumlah tagihan pemakaian air. “Call Centre ini  berfungsi untuk memudahkan pelayanan kepada pelanggan dan sarana penyampaian informasi dan keluhan serta  mempercepat penanganan masalah,” terang Rusdy.

Sistem Informasi Pembayaran Terpadu (SIPT) merupakan sebuah sistem informasi yang mengacu pada Master Plan Teknologi Informasi PDAM TKR dan merupakan sebuah sistem informasi yang memadukan aplikasi berbasis web-based dengan android. Berupa alat pendukung kerja untuk kegiatan survei sambungan langganan baru, pembacaan meter air pelanggan, survei golongan tarif langganan dan lain-lain.

Untuk mengoperasikan sistem ini, dibutuhkan para operator yang andal dan memahami SOP pelayanan pelanggan secara menyeluruh. Ada lima modul terintegrasi yang diberikan yakni modul registrasi, modul meter reading, modul billing, modul payment, dan modul tunggakan rekening air/pemutusan.

Melalui penerapan SIPT diharapkan pelayanan pendaftaran sambungan langganan baru dapat lebih mudah dan cepat, serta dapat dilakukan di mana saja. Tentunya dengan harus terlebih dahulu mengakses website dan mendownload aplikasi PDAM TKR. Melalui aplikasi ini, akan mempercepat proses pemasangan sambungan baru, pembacaan meter air pelanggan menjadi tepat waktu dan akurat, administrasi pelayanan pelanggan yang lebih tertib dan cermat, serta penurunan tingkat kehilangan air dan peningkatan laba usaha.

Di samping itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, PDAM TKR juga menciptakan Aplikasi Pelayanan TKR. Aplikasi ini baru saja diresmikan oleh Bupati Tangerang baru-baru ini. Aplikasi dapat dengan mudah dapat diunduh melalui Play Store atau App store pada telepon selular berbasis android. “Ini bukti komitmen kami dalam memberantas pungli. Melalui tindakan preventif ini, kami tidak akan memberikan celah sedikit pun untuk pungli,” ujar Direktur Umum PDAM TKR Sofyan Sapar.

Tak hanya itu, aplikasi yang diberi nama 'Layanan PDAM TKR' tersebut juga menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan masyarakat. Melalui aplikasi ini, para pengguna juga bisa mendaftar sambungan baru, mengetahui besaran tagihan (billing), lokasi pembayaran tagihan terdekat, hingga melihat status sambungan baru. (Red)

Comments

Berita Lainnya: