PERPAMSI Gelar Seminar NRW Berbasis TI

PERPAMSI Gelar Seminar NRW Berbasis TI

Dalam rangka membantu PDAM memerangi tingkat kehilangan air atau non revenue water (NRW), Sekretariat DPP PERPAMSI  menggelar seminar bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Otomasi dan Aplikasinya pada Pengelolaan NRW di PDAM”. Seminar digelar di Batam, 16-17 Januari 2017.

Seminar diikuti sebanyak 86 peserta dari 35 PDAM dan beberapa perusahaan swasta lainnya. Terkhusus peserta dari PDAM, rata-rata adalah mereka yang sehari-hari di bagian teknik dan TI. Umumnya mereka adalah para manajer atau setingat manajer, bahkan ada beberapa direksi yang menjadi peserta seminar.

Seminar dibuka Sekretaris Umum PERPAMSI Erlan Hidayat. Dalam sambutannya, Erlan menegaskan peran TI dalam mempermudah pekerjaan PDAM dewasa ini tidak bisa dielakkan. Karenanya, ia berharap seminar dapat bermanfaat, khususnya bagi PDAM peserta dan semua yang didapat dari seminar bisa dikembangkan oleh PDAM peserta.

Seminar yang terselenggara atas kerja sama PERPAMSI dan PT Protech menghadirkan narasumber dari PDAM Kota Pontianak, PDAM Kota Malang, PDAM Kabupaten Bandung, PT Adhya Tirta Batam (ATB), serta narasumber profesional Budi Sutjahjo. Selain sharing pengetahuan dari para narasumber, peserta juga difasilitasi untuk berkunjung dan belajar langsung di kantor PT ATB terkait penerapan TI.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Direktur PT ATB Benny Andrianto menekankan, TI tidak harus mahal dan itu semua bisa dilakukan secara bertahap alias disesuikan dengan kemampuan PDAM. PDAM dapat memulai aplikasi TI dari titik-titik rawan dan berpengaruh besar dalam penanganan NRW sebelum TI diaplikasikan secara menyeluruh. (dvt)

Comments

Berita Lainnya: