PDAM Surabaya Optimisme Mengejar Target 2019

PDAM Surabaya Optimisme Mengejar Target 2019

PDAM Surya Sembada dinilai mampu mencapai target cakupan layanan 100 persen pada tahun 2019. Karena itu, PDAM Surya Sembada difasilitasi oleh Pemerintah Pusat melalui program “Kota Binaan 100 Persen Akses Aman Air Minum”.

Program Kota Binaan ini antara lain diwujudkan melalui bantuan pembiayaan untuk program yang mendukung terwujudnya target 100 persen cakupan layanan di tahun 2019, antara lain melalui peningkatan kapasitas produksi, peningkatan sistem jaringan distribusi, pembuatan reservoar, dan penekanan tingkat kehilangan air atau non revenue water (NRW).

Sebagai catatan, saat ini jumlah pelanggan PDAM Surya Sembada mencapai 547.072 SR dengan cakupan layanan 95,48 persen dari total penduduk Kota Surabaya. Sementara untuk angka NRW sebesar 27,87 persen (data per November 2016).

Di tahun 2016 terdapat 54 kelurahan yang cakupan layanannya sudah mencapai 100 persen, dan terdapat 26 kelurahan yang cakupan layanannya masih kurang dari 80 persen. Rencana pelayanan air minum melalui perpipaan dengan Program Master Meter tahun 2016 hingga 2018 sebanyak 194 unit atau setara dengan 7.781 KK.

Untuk peningkatan cakupan layanan, pada tahun 2016 PDAM Surya Sembada telah memasang total 21 master meter, yang merupakan program pelayanan sambungan air  berbasis komunitas melalui satu meter induk yang kemudian didistribusikan secara swadaya oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Master meter yang terpasang di antaranya di Kebonsari Tengah, Keputih Tegal Timur Baru, Pucangan Gg Buntu, Kalisari Timur, Pucangan 1, Johar 3, Sulung, Medokan Semampir, Gundih, Kedondong Kidul, Tambak Adi DKA, Gunung Sari, Klampis Madya, Mastrip Karangpilang, dan lain-lain. Total pelanggan yang dilayani melalui Program Master Meter sebanyak 1.099 SR. Sejak tahun 2010 hingga 2016 PDAM Surya Sembada telah memasang total 40 master meter dengan total penerima manfaat 2.366 SR.

Sebagai wujud kepedulian terhadap warga kota Surabaya, PDAM Surya Sembada juga memberikan layanan penyediaan air minum gratis yang dapat langsung diminum dengan memasang Keran Air Siap Minum (KASM) di area-area publik. Pada tahun 2016, PDAM Surya Sembada telah memasang 5 KASM, antara lain di Pondok Pesantren Al Fitrah Kedinding Lor, SMA Negeri 3, SMA Negeri 19, SMA Negeri 12, dan SMP Negeri 41. Sejak tahun 2009 hingga 2016 jumlah total KASM yang terpasang adalah 26 unit.

Dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia, sebanyak 73,78 persen dari total 1.045 pegawai Surya Sembada sudah mendapatkan training guna peningkatan kinerja.  PDAM Surya Sembada juga telah melakukan Sertifikasi Kompetensi sesuai peraturan perundangan. Di tahun 2016 PDAM Surya Sembada juga telah melatih 70 orang yang tergabung dalam Tim Tanggap Darurat, diantaranya Regu P3K, Peran Petugas Kebakaran Kelas B, C, dan D.

PDAM Surya Sembada meningkatkan kualitas pelayanan dengan menerapkan Standar Internasional. Hal tersebut tercermin dari didapatkannya sertifikasi ISO 9001-2008 untuk lingkup New Customer Instalation dan Customer Complaint Handling Service, ISO 9001-2008 untuk lingkup Operation and Maintenance of Water Treatment Plant pada IPAM Karangpilang, ISO/IEC 17025:2005 untuk lingkup laboratorium sebagai laboratorium penguji dan implementasi ISO 9001-2015 untuk lingkup Operation and Maintenance of Water Treatment pada IPAM Karangpilang. (Widya/Humas PDAM)

Comments

Berita Lainnya: