PDAM Tirta Daroy Siap Bangun 50 DMA

PDAM Tirta Daroy Siap Bangun 50 DMA

Untuk meningkatkan layanan air hingga 24 jam, pada tahun 2017 PDAM Tirta Daroy berencana memasang 50 district meter area (DMA) serta membagi layanan produksi menjadi empat bagian. Kalau sekarang dari total distribusi 740 liter per detik yang berasal dari  IPA Lambaro 670 liter per detik dan IPA Siron 70 liter per detik langsung dialirkan bercabang-cabang hingga ujung pelanggan. Ke depan, akan dibuat reservoar setiap cabang lalu kemudian di pompa ke pelanggan sehingga tekanan air sampai ujung tetap stabil.

Tekanan air memang menjagi persoalan Tirta Daroy mengingat semua pelanggan PDAM yang 80 persen adalah rumah tangga menggunakan pompa di meter airnya untuk menarik air. Penggunaan DMA selain bertujuan untuk mengurangi kebocoran juga untuk menjaga tekanan. “Semua rumah di sini pakai sanyo yang disambungkan ke pipa meter air. Ini yang coba kita selesaikan dengan pembuatan DMA,” katanya.

Untuk membuat 50 DMA tersebut, lanjut Aiyub, total investasi yang dibutuhkan sebesar Rp 25 miliar. Dengan dukungan penyertaan modal dari Pemkot Rp 15 miliar setiap tahunnya, hal tersebut tentu bukan menjadi kendala. Melihat potensi dan dukungan dari stakeholder untuk PDAM Tirta Daroy, target layanan air ke pelanggan 24 jam nampaknya tinggal menunggu waktu.

 

Comments

Berita Lainnya: