Pembiayaan SPAM Umbulan Rampung

Pembiayaan SPAM Umbulan Rampung

Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan yang menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha telah mencapai financial close (selesai). Dengan demikian, proses konstruksi SPAM Umbulan yang “mangkrak” selama 43 tahun langsung dapat dilakukan pada 2017. Proyek ini diproyeksikan dapat melayani kebutuhan air minum bagi lebih dari 1,3 juta jiwa masyarakat Jatim, khususnya pada tiga kabupaten dan 2 kota yakni kabupaten/kota Pasuruan, Gresik, Sidoarjo, dan Surabaya.

Penandatangan perjanjian pembiayaan proyek SPAM Umbulan dilakukan oleh Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance Arisudono Soerono, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) Emma Sri Martini dan Direktur Utama PT Meta Adhya Tirta Umbulan Yasirin, di Gedung Kemenkoperekomian di Jakarta, Jumat (30/12). Penandatanganan disaksikan Menko Perekonomian Darmin Nasution, Mensesneg Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Dalam kesempatan tersebut juga  dilakukan penyerahan dukungan kelayakan atas sebagian biaya konstruksi (viability gap fund/VGF) sebesar Rp 818,01 miliar untuk mendukung proyek KPBU SPAM Umbulan oleh Menteri Keuangan dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dukungan dari Kementerian PUPR yang diserahkan oleh Menteri Basuki kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo. 

Darmin Nasution dalam sambutannya mengatakan, dengan kerja sama berbagai pihak, proyek ini dapat dipercepat financial close-nya, yakni lebih cepat enam bulan dari target awal. “Pemerintah sangat berbesar hati, mensyukuri dan sangat menghargai apa yang kita lakukan hari ini. Karena ini lambang kerja sama dan berhasil,” tutur Darmin. (Dvt)

Comments

Berita Lainnya: