Menteri PUPR Tinjau IPA Parit Mayor PDAM Kota Pontianak

Menteri PUPR Tinjau  IPA Parit Mayor PDAM Kota Pontianak

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau IPA Parit Mayor PDAM Tirta Khatulisitwa Kota Pontianak, Selasa, 20 Desember 2016. Rombongan disambut langsung oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji didampingi Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Lajito.

Rombongan langsung menuju intake untuk melihat proses pengambilan air baku, selanjutnya menuju IPA untuk melihat proses pengolahan air yang dilakukan. Selaku Dirut, Lajito menjelaskan proses pengolahan yang telah terintegrasi dan dapat dipantau melalui layar monitor. Pada kesempatan kunjungan, Pak Menteri sempat mencoba merasakan air hasil produksi dari IPA Parit Mayor.

Proses pembangunan IPA Parit Mayor telah dimulai secara bertahap sejak tahun 2013 dengan mennggunakan dana dari APBD, APBN dan PDAM sendiri. IPA ini dikhususkan untuk melayani pelanggan di wilayah Pontianak Timur dan sekitarnya yang mencapai 14.000 pelanggan. “Kemampuan produksi 300 liter per detik sebenarnya dapat mencakup 20.000 pelanggan,” ujar Sutarmidji.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengapresiasi selesainya pembangunan IPA Parit Mayor. Dengan beroperasinya IPA ini tentu bisa menjawab kebutuhan air bagi masyarakat wilayah Pontianak Timur.  Ia juga mengapresiasi PDAM Tirta Khatulistiwa yang merupakan 10 besar PDAM terbaik di Indonesia. Masuk dalam 10 besar terbaik itu lantaran dari sisi manajemen keuangan, pelayanan maupun kualitas air yang dihasilkan cukup bagus. Apalagi, PDAM mampu meraup keuntungan yang signifikan dan tidak merugi. (Denny Setiadi/Staf Bagian Umum)

 

Comments

Berita Lainnya: