PDAM Jayapura Raih SPEx2 Award 2016

PDAM Jayapura Raih SPEx2 Award 2016

Di pengujung tahun 2016, sebuah capaian diraih PDAM Jayapura. PDAM Jayapura dianugerahi penghargaan sebagai “Best of Leadership Commitment in BUMD Industry” dari Majalah Tempo dan GML Performance Consulting. 

Atas berbagai capaian dan kinerja yang sudah ditunjukkan, PDAM Jayapura mendapat apresiasi dan penghargaan dari Majalah Tempo yang bernaung di bawah Tempo Media Group.  PDAM Jayapura dianugerahi sebagai “Best of Leadership Commitment in BUMD Industry” di ajang Strategy into Performance Execution Excellence (SPEx2) Award yang digelar di Hotel JW Marriott, Jakarta, Senin, 6 Desember 2016.

Ajang penghargaan bergengsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengapresiasi perusahaan yang mampu menunjukkan keunggulan kompetitif dalam memformulasikan sekaligus mengeksekusi strategi perusahaan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ruang lingkup SPEx2 Award keenam diperluas dengan mengikutsertakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

Menurut Direktur Utama PDAM Jayapura Abdul M Petonengan, pihak penyelenggara melakukan penilaian dan pemilihan terhadap kinerja BUMD dan BUMN di seluruh Indonesia yang mampu melakukan pemetaan masalah, penyusunan strategi, eksekusi operasional, serta dapat memberi dampak sosial pada masyarakat.

PDAM Jayapura, lanjut Abdul, terpilih sebagai salah satu pemenang tidak lepas dari faktor kepemimpinan dan komitmen yang menjadi modal utama untuk membangun kepercayaan pelanggan.  PDAM dianggap mampu melakukan pembenahan change management dalam waktu relatif singkat. “Semua karyawan memang kami ajak untuk selalu siap berubah menyikapi tuntutan pelanggan yang begitu dinamis,” ungkap sosok yang juga Ketua PERPAMSI DPD Papua dan Papua Barat.

Terlepas dari berbagai apresiasi yang diterima, PDAM Jayapura terus berbenah dan meningkatkan pelayanannya kepada sekitar 34 ribu pelanggan baik di Kota mupun Kabupaten Jayapura. Salah satu upaya yakni meningkatkan jam pelayanan dari 14 jam per hari menjadi 24 jam. Pihak PDAM juga terus berupaya meningkatkan cakupan pelayanan dalam rangka mendukung program pemerintah yakni akses aman air minum kepada masyarakat sebesar 100 persen di tahun 2019.

“Dari penghargaan ini saya melihat secara internal menjadi motivasi bagi jajaran PDAM Jayapura untuk terus meningkatkan kinerjanya. Jadi, semua ini tidak lepas dari peran dan kontribusi pegawai, juga dukungan penuh dari para stakeholder PDAM,” ujar Abdul, yang saat penyerahan SPEx2 Award di Jakarta didampingi Direktur Umum Entis Sutisna. (Red)

Comments

Berita Lainnya: