Rakerda PERPAMSI DPD Jawa Timur

Rakerda PERPAMSI DPD Jawa Timur

PERPAMSI DPD Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang pertama pasca Mapamdalub di Kota Malang, 24 Juli 2016. Rakerda diselenggarakan di Batam, 25-27 November 2016.

Rakerda di Batam digelar di Hotel Alium dan dihadiri para pengurus dan anggota (para Direktur/Direktur Utama PDAM se-Jawa Timur).  Rakerda kali ini mengusung tema “Dengan Rakerda Kita Wujudkan PDAM di Jawa Timur Sehat Semakin Sehat”.

Menurut Muhammad selaku Ketua PERPAMSI DPD Jatim, tema dipilih dikarenakan kondisi 38 PDAM di Jawa Timur belum semuanya sehat. Data terakhir menunjukkan; 1 PDAM sakit, 8 PDAM kurang sehat, 29 PDAM sehat, 11 PDAM tarif belum full cost recovery (FCR) dan 27 PDAM sudah FCR.

Dilanjutkan Muhammad, dari sisi cakupan rata-rata administratisi baru 21,75 persen, tingkat kehilangan air 27,42 persen, jumlah pelanggan PDAM di Jawa Timur mencapai 1.690.133, dan dengn jumlah pegawai 6.906 orang. Data tersebut dikutip Muhammad dari penilaian kinerja BPPSPAM dan hasil audit BPKP Provinsi Jatim terhadap 38 PDAM tahun buku 2015.

Secara umum, penyelenggaraan Rakerda berjalan lancar. Sidang Pleno dipimpin Syamsul Hadi selaku ketua sidang dan Tirto selaku sekretaris. Pleno membahas dan mengesahkan jadwal Rakerda, tata tertib, juga disampaikan laporan pelaksanaan program kerja tahun 2016 oleh pengurus, serta pembahasan usulan program kerja tahun 2017 yang diusulkan para anggota (PDAM-PDAM Jawa Timur).

Sidang pleno telah menghasilkan keputusan-keputusan sebagai berikut: laporan pertanggung jawaban Ketua PERPAMSI DPD Jatim tentang realisasi kegiatan dan keuangan tahun 2016. Laporan ini  diterima oleh semua anggota. Keputusan lainnya, terkait usulan program kerja tahun 2017. Usulan ini bisa diterima dan dilaksanakan sesuai dengan skala prioritas dan menyesuaikan anggaran tahun 2017.

Tentang Asosiasi Dewan Pengawas, dihimbau untuk tidak ditindaklanjuti sambil menunggu komunikasi PERPAMSI DPD Jatim dengan pihak Asosiasi Dewan Pengawas. Pleno juga memutuskan pengurus segera menindaklanjuti kerja sama terkait pengadaan barang dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI ) Provinsi Jawa Timur.

Sidang pleno menyampaikan penetapan hasil Rakerda 2016 dan dilanjutkan penutupan Rakerda. Dalam rangkaian Rakerda, jajaran pengurus dan anggota PERPAMSI DPD Jatim juga melakukan kunjungan kerja ke PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk mengenal lebih dekat pengelolaan dan best practice operator air bersih di Kota Batam. (Suwignyo/Staf Bagian Umum PERPAMSI DPD Jawa Timur)

Comments

Berita Lainnya: