Aetra Air Jakarta Menuju Perusahaan Berbasis TI

Aetra Air Jakarta Menuju Perusahaan Berbasis TI

Sejak belasan tahun lalu PT Aetra Air Jakarta (Aetra) yang waktu itu masih bernama PT Thames PAM Jaya (TPJ) sudah mengeluarkan ‘road map/master plan’ pengembangan teknologi informasi (TI) jangka panjang secara terintegrasi. Hal ini dilakukan mengingat TI di lingkungan perusahaan penyedia layanan air minum perpipaan (PDAM) jauh tertinggal dari sektor lain seperti perbankan.

Lompatan besar pertama dilakukan Aetra dengan berhasil mengembangkan aplikasi pembacaan meter yang langsung mencetak lembar tagihan di tempat pelanggan (spot billing). Aplikasi tersebut dinamakan Spot Billing Reading System (SBRS). Aetra merupakan PDAM pertama yang menerapkan ‘spot billing’. Saat ini spot billing mulai diterapkan di beberapa PDAM lainnya.

Kemudian Aetra berhasil menerapkan Oracle ERP (CCnB) untuk pemrosesan billing. Dengan menggunakan Oracle CCnB, Aetr tidak mengalami kesulitan dalam mengelola billing untuk sekitar 425 ribu pelanggan.  Aetra juga sudah menerapkan metode pembayaran secara host to host (H2H) dimana pelanggan dapat melakukan pembayaran tagihan melalui hampir semua bank dan PPOB yang berada di seluruh  Indonesia. Bahkan melalui internet, pembayaran dapat dilakukan dari luar negeri.

Sangat membanggakan pada penghargaan TOP IT & TELCO 2016 Aerta menerima penghargaan sebagai TOP IT–CORPORATE BEST PRACTICE 2016. Penghargaan ini juga menandakan bahwa bidang TI di PDAM sudah dapat disejajarkan dengan sektor lainnya sehingga pelanggan akan dapat menikmati pelayanan yang lebih berkualitas. (RD)

Comments

Berita Lainnya: