Pemenang Lomba Fotografi PDAM

Pemenang Lomba Fotografi PDAM

Fotografi menjadi bagian tak terpisahkan dalam keseharian maupun dalam pekerjaan yang dilakukan manusia dewasa ini. Tak terkecuali para tukang ledeng yang bergelut dengan berbagai aktivitas untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat pelanggan.

Berbagai aktivitas para karyawan PDAM atau yang akrab disapa “tukang ledeng” terekam dalam Lomba dan Pameran Foto Tukang Ledeng di acara Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) 2016 lalu. Karya-karya para fotografer yang sebagian besar adalah para karyawan PDAM itu, dipajang di lobi utama event IWWEF yang digelar di Jakarta Convention Center, 3-5 Mei 2016.

Tiga orang dewan juri yakni Yayat Ruhayat, Liem Yungfa dan Muslih (mewakili PERPAMSI), terlihat cukup kesulitan menentukan para pemenang. Kualitas yang cukup bersaing dari para kandidat sepertinya menjadi salah satu faktor proses penjurian yang berjalan agak alot. Proses penjurian dilakukan di hari pertama penyelenggaraan IWWEF, yakni Selasa, (3/5). Penjurian dimulai sekitar pukul 13.20 dan berakhir pukul 15.30 WIB.

Proses penilaian dilakukan dua tahap dimana masing-masing juri memiliki kandidat juara dari mulai juara pertama, kedua dan ketiga, serta juara hiburan 1-10. Setelah dewan juri memiliki kandidatnya masing-masing berdasarkan kriteria yang telah ditentukan yakni ide/gagasan, kesesuaian tema, keunikan foto, ketajaman, sudut pandang, teknik pemotretan, dan komposisi, mereka pun berdiskusi menentukan para pemenang.

Dari hasil diskusi dewan juri, terpilih sebagai pemenang pertama yakni Vidayyub Ahmad dari PDAM Kota Makassar, diikuti Wishnu Wancana dari PDAM Kabupaten Kendal dan Billy Budiarjo dari Kota Palembang. Sementara juara hiburan 1-10 dipilih berdasarkan jumlah poin dan akumulasi suara masing-masing juri.

“Agak sulit menentukan juara, semua foto bagus-bagus. Cuma memang ada nilai plus dari juara pertama hingga ketiga sehingga kami menetapkan mereka sebagai pemenang,” ungkap Muslih seusai penentuan pemenang.

Lomba foto tukang ledeng sendiri telah mulai di-publish di Majalah Air Minum sejak Maret 2016. Hingga hari terakhir pendaftaran lomba tanggal 15 April, panitia mencatat ada 45 peserta (43 dari PDAM dan 2 peserta umum). Karena peserta dari umum hanya dua orang, panitia memutuskan kategori umum ditiadakan.

Dari 45 peserta, terkumpul sekitar 200 foto di meja panitia. Dari jumlah tersebut, dilakukan seleksi awal sebanyak 76 foto terpilih yang berhak mengikuti penilaian dewan juri. Ke-76 foto juga didisplay di ajang IWWEF 2016 sebelum akhirnya ditetapkan para pemenang oleh dewan juri. Selamat kepada para pemenang. (AZ)

Comments

Berita Lainnya: