Surya Sembada Kota Surabaya Raih Top BUMD 2016

Surya Sembada Kota Surabaya Raih Top BUMD 2016

PDAM Surya Sembada kembali mengukir prestasi yang membanggakan dalam ajang Top BUMD 2016. Tidak tanggung-tanggung, empat penghargaan berhasil diboyong Surya Sembada dalam acara yang diinisiasi oleh Majalah Bussiness News Indonesia berkerja sama dengan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). 

Empat penghargaan tersebut adalah Top PDAM 2016, Top BUMD 2016, Top CEO BUMD dianugerahkan kepada Sunarno selaku Pjs. Direktur Utama PDAM Surya Sembada, serta Top Pembina BUMD yang dianugerahkan kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pjs. Direktur Utama, Sunarno. Sementara penerimaan penghargaan untuk Wali Kota Surabaya diwakili oleh Anggota Dewan Pengawas, Eddy Rusianto di Jakarta International Expo (JIExpo), Kamis (5/5).

Semua penghargaan tersebut didapat berkat upaya PDAM Surya Sembada yang terus mengejar target cakupan layanan 100 persen sesuai dengan target 100-0-100 yang dicanangkan Kementerian PUPR dengan memberi bantuan jaringan pipa tersier secara gratis sejak 2010, sehingga calon pelanggan cukup membayar biaya sambungan rumah saja. Di sisi teknologi, PDAM Surya Sembada meningkatkan perbaruan pelayanan dengan menggunakan aplikasi mobile yang bisa diunduh di smartphone dengan kata kunci PDAM Surabaya. Serta kemudahan akses untuk berkomunikasi langsung dengan PDAM menggunakan tujuh akses yang tersedia, dimana salah satunya menggunakan media sosial yang sesuai dengan perkembangan jaman.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami semua untuk memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pelanggan dan lebih siap dalam menghadapi MEA,” harap Sunarno. Menurutnya, bentuk peningkatan layanan yang akan segera direalisasikan adalah mengelola air siap minum apabila dalam dua tahun ke depan air dari Sumber Umbulan bisa masuk, ditambah dengan pembenahan jaringan pipa sepanjang sekira 5.500 kilometer secara bertahap.

Sebagai salah satu PDAM dengan cakupan layanan kurang lebih 93 persen dengan jumlah pelanggan yang hampir 540 ribu, Surya Sembada mampu bertahan selama sepuluh tahun tanpa kenaikan tarif namun tetap memberikan PAD yang signifikan mencapai Rp 110 miliar di tahun 2015 lalu. “Mungkin hal itulah yang menjadi nilai positif kami yang dilihat oleh dewan juri,” tegas pria Sunarno. Penjurian dilakukan meliputi pelayanan, operasional, keuangan dan SDM.

Dalam penghargaan ini PDAM Surya Sembada berhasil bersaing dengan 2000 BUMD yang diseleksi oleh dewan juri yang kemudian mengerucut menjadi 200 BUMD terbaik sebagai nominasi, hingga keluar pemenang di beberapa kategori yang melalui penilaian ketat oleh dewan juri.

Menurut Ketua Dewan Juri Top BUMD 2016, Laode M. Kamaluddin, acara ini diselenggarakan guna mendorong percepatan pembangunan perekonomian di daerah, sekaligus meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia melalui penguatan ekonomi di daerah.

Pihaknya telah menyeleksi sekira 2000 BUMD yang berada di seluruh provinsi dan kabupaten/kota yang terdiri dari BPD, BPR, PDAM, serta aneka usaha. Penilaian kontribusi BUMD, tidak hanya dilihat dari kinerja usaha dan sumbangan PAD saja, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana peran, keberpihakan, dan keterlibatan BUMD agar menjadi motor pembangunan perekonomian daerah. (Rahmad/Staf PDAM)

Comments

Berita Lainnya: