HUT Ke-25 PDAM Situbondo, Diskon 50 Persen

HUT Ke-25 PDAM Situbondo, Diskon 50 Persen

Hari jadi ke-25 PDAM Kabupaten Situbondo diperingati dengan  serangkaian kegiatan yang dilaksanakan di pengujung Maret 2016 lalu. Selain untuk meningkatkan semangat kerja dan kebersamaan karyawan, berbagai kegiatan juga digelar untuk mendekatkan diri kepada pelanggan.

Direktur  PDAM Kabupaten Situbondo Jamal Fajri, S.T., berkomitmen untuk terus meningkatkan  kualitas pelayanan kepada pelanggan. Sebab, hanya dengan cara tersebut PDAM kian dekat dan berkontribusi nyata terhadap masyarakat dan daerah.

Salah satu kontribusi nyata tersebut yakni target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disetorkan PDAM setiap tahunnya. Sebagai gambaran, di tahun 2015 PDAM Situbondo telah menyumbung PAD hampir Rp 700 juta dari target PAD yang dipatok sebesar Rp 350 juta. Sumbangsih ini tak lepas dari semakin baiknya kinerja dan pendapatan PDAM pada tahun 2015 yang mencapai Rp 17 miliar.

Dari sisi kinerja, PDAM Kabupaten Situbondo juga sudah dinyatakan Sehat. Capaian tersebut tentu tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan pegawai PDAM. Menurut Jamal Fajri, dengan kondisi keuangan yang cukup baik tersebut, saat ini pihaknya terus melakukan terobosan baru dan mengembangkan sejumlah program diantaranya dari sisi pembayaran rekening air secara online melalui bank, kantor pos dan supermarket ternama. Di samping itu, pihaknya juga sudah melakukan pembacaan meter dengan sistem Android.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan mengaplikasikan program baru dengan sistem Android yang memungkinkan seluruh pelanggan melakukan pembayaran rekening air maupun non air di mana saja secara langsung melalui petugas PDAM yang mendatangi rumah pelanggan. Serta mengembangkan progam aplikasi geografic information system (GIS),” beber Jamal.

Memiliki sembilan unit (cabang) pelayanan yang tersebar di wilayah Situbondo, saat ini PDAM Situbondo memiliki 26.950 ribu pelanggan. Jumlah ini meningkat dari tahun 2014 lalu sebanyak 25.994 ribu pelanggan. Untuk menjaring pelanggan baru, PDAM Situbondo terus mempromosikan dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dengan cara memberikan diskon 50 persen biaya pasang baru. Program diskon semakin digencarkan bertepatan dengan HUT Ke-25 PDAM Situbondo.

Puncak acara HUT Ke-25 PDAM Situbondo sendiri berlangsung meriah dan dihadiri para pejabat terkait, termasuk para pelanggan yang beruntung mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi PDAM. Berbagai hadiah diberikan kepada pelanggan yang tidak pernah telat membayar rekening air mulai sepeda motor hingga hadiah umroh gratis.

Berbagai kegiatan dalam rangka HUT Ke-25 PDAM Situbondo antara lain kegiatan khitanan masal, donor darah, bakti sosial, khataman Al Quran, istighosah dan doa bersama, study tour, pemberian kue gratis kepada pelanggan, acara temu kangen antar direktur lama dan lain-lain. (Rahma/Staf PDAM)

Comments

Berita Lainnya: