Orang Indonesia Masih Boros Air

Orang Indonesia Masih Boros Air

Dalam rangka peringatan Hari Air Dunia 2016, Direktur Eksekutif PERPAMSI Ashari Mardiono menyerukan pentingnya hemat air  ketika diundang dalam siaran live di TVRI Jakarta, (22/3) dalam Program Semangat Pagi Indonesia. Hari Air Dunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret tahun ini mengangkat tema Water and Jobs.

Dalam kesempatan tersebut, Ashari mengatakan bahwa penggunaan air masyarakat Indonesia masih boros. Di Kota Surabaya misalnya, rata-rata konsumsi air per orang mencapai 190 liter per hari. Bandingkan dengan negara Singapura yang hanya 120 liter per hari.

Menurut Ashari, ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan masyrakat Indonesia untuk berhemat. Ambil contoh, yang biasanya mandi menggunakan bathup bisa beralih menggunakan gayung, kemudian yang biasanya pakai gayung bisa beralih menggunakan shower. Langkah hemat lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan air  sisa untuk kebutuhan-kebutuhan tersier seperti mencuci tanaman maupun cuci mobil. “Kita harus peduli air sekarang atau merugi nanti. Air ini adalah untuk masa depan,” kata Ashari.

Dalam kesempatan tersebut, Ashari juga menginformasikan peran PERPAMSI sebagai asosiasi PDAM untuk memberikan layanan air bersih kepada masyarakat.  Saat ini pemerintah telah mencanangkan program 100-0-100 dimana pada tahun 2019 nanti masyarakat Indonesia sudah harus mendapatkan pelayanan air bersih seluruhnya, bebas kumuh dan pelayanan sanitasi.

“PDAM sebagai ujung tombak pelayanan air minum akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung program pemerintah,” kata Ashari. (dvt)

Comments

Berita Lainnya: