Empat PDAM Kaji Pembangkit Tenaga Surya

Empat PDAM Kaji Pembangkit Tenaga Surya

Pemdaman listrik yang tidak terduga (byar-pet) di berbagai daerah di Indonesia nyatanya juga mempengaruhi sebagian besar operasional PDAM yang menggantungkan pasokan listrik dari PLN. Untuk itu perlu energi alternatif yang bisa mendukung operasional PDAM 24 jam non-stop.

Saat ini, empat PDAM telah menjalin kerja sama dengan PT Risti Pratamindo dan PT ABB Sakti Industri untuk melakukan kajian teknis pembangunan pembangkit listrik tenaga surya dan saving energy.  Penandatanganan kerja sama itu dilakukan di sela-sela acara Lokakarya Peningkatan Kinerja PDAM dalam Upaya Menuju Target 10 Juta Sambungan, yang diselenggarakan PERPAMSI bekerja sama dengan Dapenma Pamsi, di Kempinski Hotel, Jakarta, Selasa, (15/3).

Empat PDAM tersebut adalah PDAM Kota Samarinda, PDAM Kota Surabaya, PDAM Kota Banjarmasin dan PDAM Kabupaten Bulungan. Acara penandatanganan juga disaksikan oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Andreas Suhono dan Wakil Ketua Umum PERPAMSI Muslih.

Tujuan dari kajian itu adalah untuk memberikan gambaran yang bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam rangka penggunaan energi alternatif yang tepat guna dalam meningkatkan layanan efisiensi dan kehandalan sistem distribusi air ke pelanggan. “Ini akan menjadi sumber energi alternatif seperti di stasiyn pompa booster pada jaringan distribusi,” demikian Evie Ristiana, Direktur PT Risti Pratamindo. (Dvt)

Comments

Berita Lainnya: