DPD Kalsel Gelar Pelatihan Webgis

DPD Kalsel Gelar Pelatihan Webgis

Penerapan aplikasi sistem informasi perpipaan berbasis website dan geographic information system (webgis), semakin terasa dan sangat perlu untuk diterapkan di PDAM. Hal ini berkaitan dengan fungsi dan manfaatnya bagi kemudahan dan efektifitas pekerjaan para insan air minum. Untuk menunjang hal tersebut, PERPAMSI DPD Kalimantan Selatan menggelar pelatihan bertajuk; Pembangunan Sistem Informasi Jaringan Perpipaan dan Pelanggan PDAM Berbasis Webgis. Pelatihan digelar selama dua hari di Hotel Montana Syariah, Banjarbaru, 10-11 Februari 2016. 

Pelatihan dibuka Ketua PERPAMSI DPD Kalsel Syaiful Anwar, dan ditutup Sekretaris PERPAMSI DPD Kalsel Yudha Ahmadi. Pelatihan diikuti 23 peserta perwakilan PDAM dari seluruh Kalsel dan satu PDAM dari Kalteng. PDAM tersebut yakni PDAM Tapin, PDAM Tanah Bumbu, PDAM Balangan, PDAM Hulu Sungai Tengah, PDAM Hulu Sungai Utara dan PDAM Intan Banjar, serta dari PDAM Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Semua peserta terlihat antusias untuk mengetahui dan mempelajari sistem teknologi tersebut. Peserta diajarkan bagaimana cara menggunakan aplikasi webgis berbasis open layers. Dijelaskan instruktur Eko Budiyanto, yang juga pengajar di Universitas Negeri Surabaya, openlayers merupakan salah satu paket library yang saat ini banyak diaplikasikan dalam pembangunan webgis di seluruh dunia. Dengan fiturnya yang banyak, aplikasi ini dapat diaplikasikan bersamaan dengan WMS (web, map, service).

Dalam sambutannya, Syaiful Anwar berharap pelatihan bisa meningkatkan kinerja pegawai PDAM, terutama jika materi pelatihan bisa diaplikasikan di perusahaan masing-masing. Menurutnya, aplikasi webgis dapat mengefisienkan anggaran operasional tansmisi dan distribusi. “Dengan memanfaatkan teknologi tersebut saat ini akan bisa mempercepat kerja kita,” ujar sosok yang juga Direktur Utama PDAM Intan Banjar. (Untung/Humas DPD)

Comments

Berita Lainnya: