Johannis Kembali Pimpin PDAM Kabupaten Kupang

Johannis Kembali Pimpin PDAM Kabupaten Kupang

Johannis Ottemoesoe kembali dilantik menjadi Direktur Utama PDAM Tirta Lontar Kabupaten Kupang setelah periode sebelumnya menempati jabatan yang sama. Salah satu pertimbangan Johannis kembali diangkat karena mampu menyehatkan PDAM Tirta Lontar. 

Pelantikan dilaksanakan pada Sabtu, (19/12/2015) di Aston Kupang Hotel oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki. Pelantikan disaksikan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Kupang, Forkopimda Kabupaten Kupang, serta ratusan undangan dan staf PDAM Tirta Lontar.

Bupati Kupang Ayub Thu Eki dalam sambutannya mengatakan, sebelum Johannis menjabat sebagai dirut PDAM di periode lalu, PDAM penuh dengan masalah bahkan terancam kolaps karena banyaknya utang. Perlahan-lahan, selama kepemimpinan Johannis, PDAM Tirta Lontar mulai mengalami perbaikan dan pelayanan air minum kepada masyarakat juga semakin membaik. Bahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan dan audit yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan NTT, PDAM Kabupaten Kupang merupakan PDAM yang cukup baik dan sehat.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Johannnis Ottemesoe, yang sudah mengukir prestasi dan membawa perubahan di PDAM Tirta Lontar pada masa kepemimpinan periode yang lalu,” ujar Pak Bupati, dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi.

Dia berharap ke depan Johannis bisa mempertahankan dan terus meningkatkan prestasi pada lembaga PDAM demi mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Salah satu kemajuan yang diukir selama kepemimpinan Johannis di periode pertama adalah PDAM Tirta Lontar termasuk dalam salah satu PDAM sehat dan masuk dalam program penghapusan utang oleh Menteri Keuangan. Sebelumnya, total utang PDAM sebesar Rp 13,6 miliar, namun berkat kinerja yang baik dan kepatuhan manajemen dalam membayar utang pokok sebesar Rp 4,3 miliar, akhirnya Kementerian Keuangan memberikan penghapusan utang mutlak sebesar Rp 9,3 miliar.

Di tahun 2016 PDAM Kabupaten Kupang juga akan bekerja sama dengan PDAM Kota Kupang dalam penjualan air, sumber air dari jaringan induk PDAM Kabupaten Kupang akan dipasangi meter kemudian jaringan pipa distribusi dibangun PDAM Kota Kupang untuk melayani masyarakat Kota Kupang, jumlah pemakaian air akan dibayar kepada PDAM Kabupaten Kupang, yang semuanya akan dituangkan dalam MoU. (dvt)

Comments

Berita Lainnya: