Bupati Gianyar Lantik Direksi Baru PDAM

Bupati Gianyar Lantik Direksi Baru PDAM

Setelah mengalami kekosongan selama dua tahun pasca posisi direktur umum yang ditempati Dewa Nyoman Putra dan direktur teknik I Nyoman Nuka ditinggalkan karena masa jabatan sudah berakhir, akhirnya PDAM Gianyar resmi memiliki direktur umum dan direktur teknik definitif.

Sebelumnya (selama dua tahun), posisi direktur umum dan direktur teknik PDAM Gianyar yang telah ditinggalkan kedua pejabat yang purna tugas, dirangkap oleh direktur utama, Made Sastra Kencana.  Setelah melalui serangkaian test, akhirnya I Wayan Suastika terpilih sebagai direktur teknik dan I Nyoman Darmadiasa terpilih sebagai direktur umum. Keduanya berhasil menyisihan beberapa kandidat lainnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat direktur umum dan direktur teknik  dilakukan Bupati  Gianyar  AA Gde Agung Barata di Ruang Sidang Kantor Bappeda Kabupaten Gianyar, Kamis (3/12).

Seperti diungkapkan Ketua Panitia Seleksi Administrasi Direksi PDAM Gianyar I Ketut Suweta, pendaftaran seleksi sudah dibuka mulai tanggal 21 hingga 27 Oktober 2015. Pendaftaran diumumkan lewat media maupun di lingkungan PDAM. Beberapa syarat harus dipenuhi para pelamar, namun yang paling spesifik mereka harus memiliki sertifikat manajemen air minum berbasis kompetensi.

I Ketut Suweta yang juga Asisten II Setda  Gianyar menegaskan, pelamar tidak boleh ada ikatan keluarga dengan bupati, wakil bupati, badan pengawas sampai derajat ketiga menurut garis lurus atau ke samping. Di samping itu, pelamar harus membuat visi, misi dan rencana pengembangan PDAM.

Intinya, pelaksanaan seleksi tersebut dijamin berlangsung transfaran dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Komitmen dan kebijakan seperti ini tentu menguntungkan para pegawai PDAM Gianyar yang memiliki kompetensi dan sudah memenuhi syarat untuk mengikuti proses seleksi.

Setelah proses seleksi, pihak pansel menyatakan mereka yang lolos seleksi administrasi (untuk posisi direktur teknik): Ida Bagus Surya Manuaba dan I Wayan Suastika. Sementara untuk posisi direktur umum yang dinyatakan lolos adalah I Nyoman Darmadiasa, Dewa Ketut Taman, AA Gde  Adiputra, dan I Nyoman Ari Temaja.

Bupati Gianyar selaku pemilik, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada tim pansel dan semua pihak yang sudah terlibat dan membantu proses seleksi hingga berjalan lancar,  transfaran dan  akuntabel. Bupati Gianyar berpesan kepada seluruh jajaran direksi agar mampu melaksanakan tugas dengan baik yaitu meningkatkan kinerja PDAM, terutama peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Pada acara tersebut juga ditetapkan I Nyoman Darmadiasa selaku Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PDAM Kabupaten Gianyar karena pejabat sebelumnya, Made Sastra Kencana, masa jabatannya sudah berakhir per 3 Desember 2015.

Usai dilantik, para direksi terpilih melakukan konferensi pers. Para direksi berjanji akan melakukan yang terbaik untuk memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat. Adapun skala prioritas (pembenahan) yang akan dilakukan yakni peningkatan pelayanan, menekan angka kebocoran air (saat ini mencapai 47 persen), dan pembenahan internal yaitu di bidang sumber daya manusia (SDM). (Suardika)

Comments

Berita Lainnya: