#KEGIATAN UMUM #
Kata Pengantar

Sepanjang tahun 2010 dan 2011, DPP PERPAMSI telah melaksanakan serangkaian kegiatan baik yang dilaksanakan di dalam, maupun yang dilakukan di luar negeri. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk menunjukkan eksistensi PERPAMSI sebagai sebuah asosiasi profesional di bidang air minum.

Disamping itu, kegiatan yang dilakukan PERPAMSI bertujuan membantu persoalan-persoalan yang dihadapi anggotanya (PDAM seluruh indonesia) baik dari sisi capacity building, SDM, manajemen,
teknik, maupun dalam persoalan penyelesaian utang, yang pada gilirannya turut memajukan dunia perairminuman indonesia. Sebagai organisasi yang terdiri dari orang-orang profesional di bidang air minum, PERPAMSI dituntut untuk senantiasa memfasilitasi dan memberikan yang terbaik bagi anggotanya, yakni PDAM seluruh indonesia.

Diharapkan dengan kegiatan yang telah maupun yang baru akan dilaksanakan oleh PERPAMSI, bisa bermanfaat bagi dunia perairminuman indonesia pada khususnya, dan masyarakat indonesia pada umumnya.

Jakarta, November 2010
Dewan Pimpinan Pusat Perpamsi

Dr. Ir. H. Syaiful, D.E.A.,
Ketua Umum

LAPORAN KEGIATAN PERPAMSI TAHUN 2010

1.Perpamsi Apresiasi para sponsor MAPAM XI

Sebagai ungakapan terima kasih Perpamsi kepada para sponsor MAPAM XI di Batam, Perpamsi menggelar ramahtamah dan pemberian kenang-kenangan kepada para sponsor yang sebagian besar adalah anggota Luar Biasa (aLB) Perpamsi.
Kegiatan dilakukan di salah satu restoran di Jakarta, tanggal 17 Desember 2010.
Kegiatan dihadiri Ketum dan sekum, perwakilan para
sponsor, serta undangan lainnya.




2. Kunjungan DPP Perpamsi Ke Stakeholders terkait; Menteri PU, Dirjen Cipta Karya, Dirjen BAKD 

Setelah terpilih pada musyawarah antar Perusahaan air minum seluruh indonesia (maPam) Xi yang diselenggarakan di Batam, 1-4 Desember 2009, Pengurus Terpilih periode 2009-2003 dibawah kepemimpinan Bapak Dr. Ir. H. Syaiful, D.E.A., melakukan kunjungan silaturahmi yang bertujuan untuk mengenalkan kepengurusan DPP Perpamsi yang baru. Kunjungan antara lain dilakukan kepada menteri PU Ir. Djoko Kirmanto, Dirjen Cipta Karya Kementerian PU ir. Budi Yuwono, dan Dirjen Bina administrasi Kependudukan (BaKD) Timbul Pudjianto. Baik menteri PU, Dirjen CK dan Dirjen BAKD menyambut baik kepengurusan Perpamsi yang baru. Para stakeholders berharap dengan kepengurusan Perpamsi yang baru kinerja air minum di indoensia akan semakin baik.

3.DPP Baru Gelar Rapat Perdana

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perpamsi masa bakti 2009- 2013 melakukan rapat Kerja perdana setelah dilantik di Batam, pada bulan Desember 2009. rapat perdana dilakukan di Jakarta,tanggal 7 Januari 2010.
Hadir pada waktu itu Ketua Umum Dr. ir. H. syaiful, Dea.,sekum ir. H. agus sunara, para Ketua di lingkungan DPP yakniFahruddin andi Umar, Taufan Edy Rahardjo, Edwin Pattikawa,Soeprapto,Rifqie Basri, sunarto mokodompit, Rudy Kusmayadie,
serta Direktur eksekutif Ir. Purwoko Hadi. Dari lingkungan DPP hanya Syahril Effendi Pasaribu yang berhalangan hadir.Rapat mengagendakan Program Kerja Perpamsi,serta maslah-masalah lainnya.

4.PERPAMSI Undang Perbadanan Bekalan Air (PBA) Pulau Penang, Malaysia, untuk mem presentasikan Peluang Kerjasama Twinning dengan PDAM

Presentasi dilakukan di Graha Perpamsi, 15 Januari 2010. Dari pihak PBa hadir Jaseni maidinsa (CeO PBa) dan Amiruddin Kemat (manager), sementara dari Perpamsi dihadiri Ketum Dr. Ir. H. Syaiful, DEA. Perpamsi mengundang beberapa Direksi PDAM untuk mengikuti presentasi seperti dari makassar, Kota Jambi, Kota Bogor,Kabupaten Bogor, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan PAM Jaya. sebelumnya, PDAM Tirta musi Kota Palembang sejak 2009 telah melakukan twinning dengan PBa, kemudian PDam Kota surabaya dan PDam Tirtanadi medan juga telah melakukan kerjasama twinning dengan PDAM Manila. Kerjasama twinning ini difasilitasi oleh environmental Cooperation asia (eCO asia) yang bernaung di bawah USAID Asia Water Link yang berkantor di Bangkok. Program kerjasama twininng diharapkan dapat diperluas di PDAM lainnya dalam upaya meningkatkan kinerja PDAM.


5. PERPAMSI Ikuti Forum Internasional JICA di Yokohama

Ketua Umum Perpamsi Dr. Ir. H. Syaiful, DEA., menghadiri forum internasional yang digelar Japan International Cooperation Agency (JICA), di Yokohama, Jepang, 20-22 Januari 2010. selain dari Perpamsi, kegiatan yang dihadiri delegasi dari 9 negara di asia ini dihadiri pula oleh Direktur Pengembangan air minum DJCK Ir. Tamin Zakaria, Ketua Badan regulator Pelayanan air minum Jakarta Ir. Irzal Djamal, dan Dirut PAM Jaya Haryadi Priyohutomo. Tujuan forum ini adalah untuk meningkatkan keberlanjutan pelayanan air minum perkotaan di wilayah asia. Di akhir forum para peserta sepakat mengeluarkan rekomendasi untuk pengelolaan air minum yang lebih baik yang dikenal dengan “12
Pernyataan Forum Yokohama”.

6. Ketua Umum Lantik Pengurus PERPAMSI DPD Jatim

Tanggal 5-6 Februari 2010, Ketua Umum menghadiri MAPAMDA DPD Jatim di Sidorajo. Ketum juga melantik pengurus baru DPD Jatim yang diketuai H. Djajadi, Dirut PDAM Kab. Sidoarjo. Dalam
kesempatan ini, Ketum menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan DPP dan langkah ke depan dalam upaya membantu penyehatan PDAM.







7.Sekum Hadiri Lokakarya ESP-USAID dan MoU Regionalisasi Jayapura

Sekretaris Umum ir. H. agus sunara menghadiri acara lokakarya yang berhubungan dengan lingkungan dan air yang digelar ESP-USAID di Jayapura, 11 Februari 2010. selain mengahdiri lokakarya, bersama Dirjen CK ir. Budi Yuwono, sekum juga menyaksikan penandatanganan moU kerjasama antardaerah antara Pemerintah Kabupaten dan Kota Jayapura mengenai pengelolaan air baku (regionalisasi).

8. Ketum Lantik Pengurus PERPAMSI DPD DKI Jakarta

Ketua Umum Perpamsi Dr. Ir. H. Syaiful, DEA melantik Ketua Perpamsi DKi Jakarta terpilih Hm. Haryadi Priyohutomo. Haryadi yang juga Dirut PAM Jaya terpilih dalam MAPAMDa DKI yang digelar di Cianjur, 12 Februari 2010. Selain melakukan pemilihan ketua, MAPAMDA DKI juga membahas serta menetapkan rencana strategis dan garis besar program yang akan dijalankan pengurus baru ke depan.

9. PERPAMSI Bangun Sinergi dengan APMAINDO

Tanggal 17 Februari 2010, di Jakarta, Ketua Umum Perpamsi melakukan pertemuan dengan pengurus asosiasi Produsen meter air indoensia (APMAINDO), yang diketuai Atang Zaenuddin. Dalam pertemuan ini tercetus ide untuk menerapkan STANDAR PERPAMSI (S-PERPAMSI) untuk semua material yang digunakan oleh PDAM, termasuk meter air.







10.PERPAMSI Gelar Workshop Manajemen Tekanan

Bekerjasama dengan PT Bestindo, Perpamsi menggelar Workshop Pressure management system, di Jakarta, 18 Februari 2010. Workshop yang dihadiri oleh Ketum dan Sekum, diikuti sekitar 35 peserta utusan dari 20 PDAM.

11. PEPAMSI Diterima Komisi V DPR RI

Tanggal 22 Februari 2010, sekitar 7 jam, rombongan DPP Perpamsi, didampingi Dirjen CK Ir. Budi Yuwono, Ketua BPPSPam Ir. Rahmat Karnadi, beserta beberapa Dirut PDam, diterima oleh Komisi V
yang salah satu jobdesk-nya membidangi Pekerjaan Umum (termasuk air minum di dalamnya).

Rombongan diterima Ketua Komisi V Taufik Kurniawan beserta sejumlah anggota Dewan Komisi V lainnya. Pada kesempatan tersebut Ketua Umum Perpamsi Dr. Ir. H. Syaiful, DEA., menyampaikan peta masalah perairminuman di indonesia dalam upaya mencapai target, baik yang ditetapkan Pemerintah maupun dunia internasional.

12.Ketum Hadiri HUT Ke-35 Majalah Air Minum

Tanggal 25 Februari 2010, Ketum menghadiri HUT Ke-35 majalah air minum. majalah sahabat para Tukang Ledeng ini telah terbit sejak 1972. selain mengundang para kontributor yang rata-rata karyawan PDAM, acara ini juga dihadiri mantan pengasuh majalah air minum seperti Drs. Sahat Panjaitan dan Ir. Budiati Abiyoga







13. Rakernas PERPAMSI 2010

DPP di bawah kepengurusan Dr. ir. H. syaiful, Dea., menggelar Rapat Kerja Nasional (rakernas) perdana pada 27 Februari 2010.Rakernas dibuka oleh Dirjen Cipta Karya Ir. Budi Yuwono dan diikuti Ketua dan sekretaris dari 28 DPD yang ada di seluruh Indonesia. Dalam rakernas kali ini, Perpamsi mengundang para stakeholders terkait seperti dari Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, serta DJCK Kementerian PU untuk berdiskusi di tengah para peserta rakernas.




14. PERPAMSI Gelar Workshop Aplikasi TI untuk Penanggulangan NRW

Bekerja sama dengan Nobel system selaku Konsultan dari Us Trade and Development agency, Perpamsi menyelenggarakan Workshop studi Kelayakan dan Percontohan aplikasi Teknologi informasi (Ti) untuk Penurunan Kehilangan air. Workshop yang diselenggarakan di Jakarta, 19 Maret 2010, diikuti 20 peserta dari 10 PDam. Pada workshop ini pihak Nobel system menampilkan teknologi terbaru berbasis IT, salah satunya alat ultrasonic flow meter.




15.PERPAMSI Terima Kunjungan PDAM Kota Cirebon

Tanggal 22 maret 2010, romongan PDam Kota Cirebon (Direksi dan Badan Pengawas) berkunjung ke Graha Perpamsi. Rombongan diterima oleh Ketua Departemen Keuangan DPP Perpamsi  soeprapto. Selain silaturahmi, pertemuan juga membahas berbagai persoalan seputar air minum, khususnya yang dihadapi PDam Kota Cirebon.







16. PERPAMSI Lakukan MoU dengan ESQ Way

Penandatanganan Memorendum of Understanding (moU) PERPAMSI dan ESQ Way 165 diakukan oleh Ketum PERPAMSI dan Pendiri ESQ Ary Ginanjar. Penandatangan moU yang dilakukan di Gedung ESQ Way Jakarta, 26 maret 2010, bertujuan untuk
peningkatan kualitas sDm di lingkungan PDam (bagi yang berminat), dimana ESQ selaku penyelenggara trainning-nya.






17. PERPAMSI Lakukan Studi Banding ke PBAPP Malaysia

Studi Banding Perpamsi ke Perbadanan Bekalan air Pulau Pinang (PBAPP) Malaysia dilakukan tanggal 3 April 2010. Kegiatan yang bertepatan dengan agenda Asia Water 2010 ini diikuti 116 orang yang terdiri dari PDAM, YPTD dan karyawan sekretariat Perpamsi. Berbagai pengalaman seputar pengelolaan air minum banyak didapat para delegasi, dan tak sedikit Direksi PDAM yang tertarik untuk melakukan kerjasama twinning dengan PBAPP seperti yang sudah terjalin antara PBAPP dengan PDAM Tirta Musi Kota Palembang dan PDAM Tirtanadi Medan.


18. Lokakarya Kerjasama Indonesia-Belanda

Tanggal 7-8 april Ketum dan sekum mengikuti rapat
koordinasi dan lokakarya mengenai kerjasama sektor air minum antara Universitas Teknik Delft Belanda, DJCK Kementerian PU, LAPI ITB dan Perpamsi. Lokakarya yang digelar di Bandung dan dihadiri para stakeholder terkait ini adalah dalam rangka peningkatan kapasitas (capacity building) para pengelola air minum (PDAM).






19.PERPAMSI Gelar Syukuran HUT Ke-38

Dalam rangka HUT Perpamsi ke-38, dilakukan syukuran di Graha Perpamsi, 8 april 2010. Acara syukuran dihadiri beberapa pengurus DPP, Direks beserta staf dan karyawan sekretariat Perpamsi. Dalam acara ini Ketua Umum juga meresmikan Perpustakaan mini Perpamsi yang terletak 
di lantai 3.







20. PERPAMSI Gelar Pelatihan Perpompaan

Bekerja sama dengan PT Grundfos, Perpamsi menggelar pelatihan di bidang teknik perpompaan, yang digelar di Jakarta, 27-29 april 2010. Pelatihan dengan komposisi 70 % teori dan 30% pratek, diikuti 96 peserta utusan dari berbagai PDam di tanah air.









21.Ketum Hadiri ADB Forum di Manila

Bersama wakil delegasi Indonesia lainnya, Perpamsi (Ketum Dr. ir. H. syaiful, Dea, sekum Ir. H. Agus Sunara dan Kabiro Infokom Ir. Eddy Akhirwan, MT.), menghadiri Twinning regional Forum yang diselenggarakan ADB dan WaterLinks, yang diselenggarakan di Manila, 3-5 mei 2010. Dalam forum ini dibahas isu-isu dan pengalaman mengenai program twining di sejumlah PDAM di Asia, serta tindak lanjut program twining yang dibiayai ADB dan Water Links.




22. PERPAMSI mengunjungi Ketua DPD RI

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) H. Irman Gusman, S.E., M.B.A. menjanjikan dukungan politis atas perjuangan Perpamsi mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Bahkan pimpinan lembaga legislasi yang mewakili 33 provinsi di seluruh Indonesia itu meminta dibuatkan mekanisme kerja sama antara DPD dengan Perpamsi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi Perpamsi dan jajaran PDAM.



23.Perpamsi Gandeng IATPI Gelar "Indonesia Water and Wastewater Expo & Forum 2011"

Perpamsi dan Ikatan Ahli Teknik Penyehatan/Lingkungan Indonesia (IATPI) akan bekerja sama menggelar suatu kegiatan yang dinamakan Indonesia Water and Waste Water Forum and Expo 2011 yang direncanakan berlangsung di Jakarta tanggal 18 - 20 Januari 2011.








24.Indonesia - Danish Water Days 2010

Mengupayakan separuh penduduk Indonesia memperoleh akses jaringan air bersih dan sanitasi, merupakan salah satu target pencapaian Millennium Developmet Goals tahun 2015. Seiring pesatnya laju pertumbuhan penduduk, terutama di perkotaan, maka tantangan pencapaian MDGs semakin besar.








25.Pelatihan ESQ Perpamsi Angkatan Pertama

Pelatihan ESQ yang diselenggarakan DPP Perpamsi di Jakarta, 13-14 Agustus 2010 diikuti sekitar 110 peserta, yang merupakan karyawan Sekretariat DPP Perpamsi, Majalah Air Minum, Dapenma-Pamsi, serta sejumlah karyawan utusan dari DPD dan PDAM.








26.Workshop Perencanaan Air Baku Perpamsi

Tak semua PDAM, terutama di perkotaan, memiliki sumber air baku sendiri, atau dengan kata lain, sumber air bakunya sebagian besar berada di luar wilayah administratifnya. Degradasi lingkungan yang semakin menghebat, membuat regionalisasi air baku menjadi suatu hal yang tak terelakkan di masa sekarang dan akan datang.







27. Perpamsi Gelar Workshop NRW dan Konservasi Energi

Untuk membantu kinerja PDAM menjadi lebih baik, Perpamsi menggelar workshop Penurunan Kehilangan Air dan Konservasi Energi. Workshop yang diselenggarakan di Makassar, 29-20 September 2010, diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari 41 PDAM di wilayah Timur.









Laporan Kegiatan PERPAMSI 2011

1. Wakil Menteri PU Buka IWWEF 2011



Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto dalam amanat yang disampaikan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, menyambut gembira sekaligus memberikan apresiasi tinggi kepada PERPAMSI dan IATPI atas terselenggaranya IWWEF 2011. Melalui even yang menginformasikan berbagai teknologi baru, diharapkan ke depan sektor air minum dan air limbah menjadi lebih baik.
IWWEF dinilai Dardak sangat strategis karena pengelolaan air minum dan air limbah sangat penting artinya bagi kehidupan

2. Perpamsi dan Inkop-Pamsi Gelar Sosialisasi GIS



Sosialisasi dan diskusi mengenai pengembangan SIG dilakukan di Jakarta, 17 Februari 2011. Diskusi diikuti oleh 25 peserta perwakilan dari beberapa PDAM seperti PDAM Kota Bandung, PDAM Kabupaten Bandung, PDAM Kabupaten Indramayu, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kota Bogor, PDAM Kabupaten Karawang, PDAM Kabupaten Tasikmalaya, PDAM Kabupaten Cianjur, PDAM Kabupaten Banyumas, dan PDAM Kabupaten Tangerang.
Diskusi dibuka oleh Direktur Eksekutif Perpamsi Ir. H. Agus Sunara. Hadir pula Ketua Inkop-Pamsi Agustan, S.E., dan Kepala Biro Litbang dan Pranata Perpamsi Ir. Sukmayeni Sy, M.M.

3. PERPAMSI  Sambangi Panti Asuhan



Dalam rangka memperingati HUT Perpamsi ke-39, Ketua Umum Perpamsi Dr. Ir. H. Syaiful, D.E.A., didampingi Direktur Eksekutif Perpamsi Ir. H. Agus Sunara, beserta jajaran sekretariat Perpamsi, Jumat, 8 April 2011, menyambangi Yayasan Panti Asuhan Albarriyyah, di daerah Condet, Jakarta Timur.
Dalam kunjungan tersebut, selain meminta doa kepada anak-anak yatim untuk perjalanan Perpamsi ke depan, Ketua Umum juga menyerahkan santunan kepada sekitar 20 anak-anak yang berusia antara 5 hingga 20 tahun.
Mewakili anak-anak yatim-piatu dan pengurus Yayasan Panti Asuahan Albarriyyah, Ustadz Sanuani mengucapkan terima kasih kepada jajaran Perpamsi yang telah berkenan berkunjung ke tempat mereka. Tak lupa ia mengajak anak-anak didiknya untuk mendoakan agar Perpamsi bisa menjalankan tugas yang diamanahkan dengan baik dan sukses. 

4. Perpamsi Jalin Kerja Sama dengan Politeknik Manufaktur



Tanggal 11 April 2011di Bandung ditandatangani Nota Kesepahaman (MoU – Memorandum of Understanding) antara Politeknik Manufaktur Negeri Bandung dengan Perpamsi untuk melakukan kerja sama di bidang peningkatan mutu SDM melalui pelatihan-pelatihan teori dan praktek di lingkungan politeknik pertama di Indonesia itu, maupun dengan cara magang di berbagai PDAM.

5. PERPAMSI Sukses Gelar Turnamen Golf Ke-II



Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-39, PERPAMSI menggelar turnamen golf bertajuk “Friendly Golf 2011 – 39th PERPAMSI Anniversary”. Kegiatan ini ditujukan untuk menjalin silaturahmi antara PERPAMSI dengan PDAM, Anggota Luar Biasa (ALB) dan rekanan.
Animo mengikuti turnamen golf PERPAMSI ke-II, yang menggunakan format 18 hole (stroke play on official handicap), ternyata cukup luar biasa. Sedikitnya 131 pegolf amatir yang merupakan para pimpinan PDAM, ALB, pejabat dari Kementerian Pertahanan, Kementerian PU, Bappenas, anggota IATPI,  dan rekanan PERPAMSI lainnya, ikut ambil bagian dalam turnamen yang digelar di Padang Golf Halim II, Jakarta Timur, Sabtu (30/4).

6. PERPAMSI Gelar Training Proses Update Data PDAM di Jawa Timur



Setelah sukses menggelar Training Proses Update Data di Graha PERPAMSI di Jakarta dan di Jawa Tengah, Biro Informasi dan Komunikasi (Infokom) Sekretariat PERPAMSI kembali menggelar training serupa. Kali ini dilakukan di Jawa Timur.
Training Proses Update Data dilakukan di salah satu aula PDAM Kota Surabaya, Rabu, 6 April 2011.Training diikuti sekitar 67 peserta, yang rata-rata merupakan staf di bagian information technology (IT), perwakilan 35 PDAM, dari 38 PDAM di Jawa Timur.
Training dibuka oleh Sekretaris PERPAMSI DPD Jawa Timur Drs. Taufan, M.B.A, M.M., yang juga Direktur utama PDAM Kabupaten Jember. Sementara dari DPP PERPAMSI diwakili oleh Prasibrata, S. Kom, staf IT PERPAMSI yang juga bertindak selaku trainer.

7.Kunjungan DPRD Kabupaten Kediri ke Graha PERPAMSI



Sebanyak 18 orang yang terdiri dari Anggota DPRD Kabupaten Kediri, Komisi B, berkunjung ke Graha PERPAMSI, 14 April 2011. Para tamu diterima oleh Kepala Biro Litbang, Ir. Sukmayeni. Kunjungan para Anggota Dewan bertujuan untuk bertukar informasi mengenai pengelolaan PDAM. (Hal 20, 187, April)

8. PERPAMSI Ikuti Water Malaysia 2011



Sekretaris Umum, Ir. Rudie Kusmayadie, dan Direktur Eksekutif, Agus Sunara, mengikuti event Water Malaysia 2011, yang diselenggarakan Kuala Lumpur, tanggal 5-7 April 2011. Water Malaysia berisikan pameran air minum, seminar dan konferensi. Banyak hal-hal menarik yang bisa diambil dari penyelenggaraan Water Malaysia 2011.

9. Program Twinning PERPAMSI; ATB Resmi gandeng PDAM Cianjur dan PDAM Pekanbaru



PT Adhya Tirta Batam (ATB) resmi menggandeng PDAM Cianjur dan PDAM Pekanbaru dalam Program Twinning Nasional PERPAMSI. Melalui fasilitasi Tim Program Twinning PERPAMSI Pusat, telah dilakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) di Cianjur, 29 April 2011, dan di Pekanbaru, 6 Mei 2011.
LoI menegaskan komitmen para pihak dan peranan masing-masing dalam kerja sama twinning, yaitu ATB sebagai Mentor, PDAM Cianjur dan PDAM Pekanbaru selaku Recipient, serta PERPAMSI selaku Fasilitator.

10. PDAM Surabaya Siap Berbagi Ilmu dengan 5 PDAM Recipient



Bertempat di Surabaya, 3 Mei 2011, PERPAMSI melakukan inisiasi program twinning Nasional PERPAMSI 2011 yang melibatkan PDAM kota Surabaya selaku Mentor dan 5 PDAM yaitu PDAM Kota Semarang, PDAM Kabupaten Semarang, PDAM Kota Surakarta, PDAM Kabupaten Wonosobo, dan PDAM Kabupaten Magetan.
Tahapan inisiasi ini akan ditindaklanjuti dengan pembentukan tin Twinning oleh Mentor dan masing-masing Recipient, sebelum melangkah ke proses Letter of Intent dan survey diagnostic.

11. PERPAMSI Ikuti Australia’s National Water



Delegasi PEPRAMSI, yang terdiri Ketua Umum beserta para Ketua DPP, Direktur Eksekutif dan beberapa Direktur PDAM, menghadiri Australia’s National Water, Conference and Exhibition, 9-11 Mei 2011. Delegasi PERPAMSI dating atas undangan Australia Water Association (AWA) untuk menghadiri OZ Water. Delegasi PERPAMSI berjumlah 31 orang, yang terdiri dari para Direktur PDAM dan Pengurus DPP. Para peserta mendapatkan pengalaman dan informasi berharga terkait pengelolaan air minum di Australia.

12. PERPAMSI Gelar Workshop IPAM



PERPAMSI kembali menggelar workshop untuk peningkatan kualitas SDM para tukang ledeng di bagian teknik. Kali ini adalah Workshop Pengenalan Optimalisasi dan Rerating Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM). Workshop yang dibuka Sekretaris Umum, Rudie Kusmayadie, digelar di Bandung, 23 Mei 2011. Workshop diikuti 40 peserta dari berbagai PDAM.

13. Ketua Umun Hadiri Pelantikan Direktur AKATIRTA



Ketua Umum, Syaiful, menghadiri pelantikan Awaludin Setya Adji, sebagai Direktur Akademi Teknik Tirta Wiyata (AKATIRTA) di Magelang, 20 Juni 2011. Selain menyaksikan pelantikan Setya Adji yang dilakukan Ketua YPTD Rama Boedi, Ketua Umum juga berkesempatan menanm pohon di area kampus AKATIRTA.

14. PERPAMSI Gelar Pelatihan Nasional Ahli Pengadaan Barang dan Jasa



Untuk meningkatkan kemampuan karyawan PDAM dalam bidang pengadaan barang dan jasa sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010, PERPAMSI bekerja sama dengan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menggelar Pelatihan Teknis dan Ujian Nasional Ahli Pengadaan Barang dan Jasa.
Pelatihan diikuti sekitar 70 karyawan PDAM dari seluruh Indonesia, digelar selama tiga hari di Hotel Santika Jakarta, 28-30 Juni 2011. Di akhir pelatihan, para peserta mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan pengakuan yang sahih mengenai pengadaan barang dan jasa.

15. POR ke-II PERPAMSI di Bali



Melaksanakan amanat para tukang ledeng se-Indonesia, PERPAMSI kembali mengadakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PORPAMSI) ke-II, yang digelar di Bali, 12-15 Juli 2011.

PORPAMSI II, yang dibuka Wakil Gubernur Bali, Aan Puspayoga, diikuti oleh 25 kontingen perwakilan dari DPD, dan DPP bersama mitra yakni DAPENMA, INKOP-PAMSI dan YPTD-PAMSI. Secara umum PORPAMSI II yang menyelenggarakan tujuh cabor yakni bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, catur, futsal, bola voli dan lomba vokal (beserta tenis lapangan dan golf eksebisi), berlangsung sukses.

Sebagai juara Umum dipegang oleh DPD Jawa Tengah, kedua dan ketiga adalah DPD Bali dan Kalimantan Timur. Rencananya PORPAMSI ke-III akan dilaksanakan (diantara tiga pilihan) yakni Kota Palembang, Jakarta dan Solo. (190, Juli)

16. Seminar Kepemimpinan dan Diskusi Perpres No. 29 Tahun 2009



Di sela-sela pelaksanaan PORPAMSI II di Bali, 12-15 Juli 2011, PERPAMSI juga menggelar seminar kepemimpinan dan Diskusi mengenai Perpres No. 29 Tahun 2009 Tentang Pemberian Jaminan dan Subsidi Bunga. Seminar yang dibagi dalam dua sesi ini, sesi pertama menghadirkan motivator terkenal, yakni Prof. Dr. Arief Rachman.
    Sesi kedua menghadirkan mengahdirkan pembicara seperti Indro Baskoro, Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemenkeu, Arzul Andaliza, Direktur Pengawasan BUMD BPKP, Eko Wiji Purwanto, Kasubdit Air dan Sanitasi Bappenas. Diskusi didahului sambutan dari Dirjen Cipta Karya, Budi Yuwono, yang dibacakan Ketua BPPSPAM Rahmat Karnadi.

17. Penanda tanganan MoU dan LoI Twinning Nasional PERPAMSI



Masih di sela-sela gelaran PORPAMSI II di Bali, 12-15 Juli 2011, atau di sela-sela pelaksanaan seminar kepemimpinan dan Diskusi mengenai Perpres No. 29 Tahun 2009, dilakukan penandatanganan MoU dan LoI oleh 13 PDAM berkaitan Program Twinning Nasional PERPAMSI tahun 2011.
    Ke-13 PDAM diwakili oleh masing-maisng Direktur, dan PERPAMSI diwakili oleh Ketua Umum, Dr. Syaiful. Ke-13 PDAM tersebut yakni; PT ATB (Mentor) dengan PDAM Kab. Cianjur (Recipient) dan PDAM Kota Pekanbaru (Recipient), PDAM Kota Palembang (Mentor) dengan PDAM Kabupaten Gunung Kidul (Recipient), PDAM Kota Surabaya (Mentor) dengan PDAM Kab. Magetan (Recipient), dan PDAM Kota Denpasar (Mentor) dengan PDAM Jayapura (Recipient). 

18. Dialog Investasi Air Minum



Ketua Umum, Syaiful, menjadi salah satu pembicara Dialog Investasi Air Minum yang diselenggarakan BPPSPAM, 9 Agustus 2011, di Jakarta. Acara ini juga dihadiri para pejabat BPPSPAM, DJCK-PU, kalangan perbankan dan para Direksi PDAM. Dialog yang dimoderatori Ir. Agus Sunara bertujuan untuk mencari solusi mengenai investasi air minum beserta kendala-kendala di lapangan.

19. PERPAMSI Sambangi Anak - anak Panti Asuhan



Seperti tahun-tahun sebelumnya, Bulan Suci Ramadhan 1432 Hijriah atau Agustus 2011, disambut PERPAMSI dengan sukacita. PERPAMSI juga menyempatkan untuk berbagi kebahagiaan kepada anak-anak yatim piatu yang kurang beruntung.
Kali ini PERPAMSI berbagi kebahagiaan dengan memberikan menu buka puasa dan santunan untuk sejumlah anak yatim-piatu yang tinggal tak jauh dari Graha PERPAMSI, yakni di lingkungan RW 05, Kelurahan Cawang. PEmberian santunan dilakukan oleh Ketua Umum, Dr. Syaiful, didampingi sejumlah staf Sekretariat.

20.PERPAMSI Bantu Peningkatan Kemampuan Teknisi PDAM



Sekitar 12 orang teknisi dari berbagai PDAM mengikuti pelatihan bidang teknik yang diselenggarakan selama 1 tahun di Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bandung. Pelatihan yang dimulai 26 September 2011 berakhir tanggal 26 Sepetember 2012. Pelatihan angkatan ke-2 ini merupakan kerja sama antara PERPAMSI dan Polman Negeri Bandung dalam upaya membantu meningkatkan kualitas SDM PDAM di bagian teknik. Selain dihadiri Direktur Polman Bandung, Prof. Dr. Isa Setiasyah, acara pembukaan untuk angkatan ke-2 juga dihadiri Direktur Eksekutif, Ir. Agus Sunara.

21.PERPAMSI Gelar Pelatihan di Penang, Malaysia



PERPAMSI bekerjasama dengan Penang Water Services Academy (PWSA) telah menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Penurunan Kehilangan Air, serta Operasi dan Pemeliharaan Sistem Penyediaan Air Minum pada tanggal 19 s/d 24 September 2011 di Penang, Malaysia.

22.PERPAMSI Ikuti Konsinyuasi Penyusunan Petunjuk Teknis Penerapan SAK-ETAP



Ketua Departemen Keuangan DPP PERPAMSI, Suprapto dan Direktur Eksekutif, Agus Sunara, menghadiri Rapat Konsinyuasi Penyusunan Petunjuk Teknis Penerapan SAK-ETAP, yang digelar di Bandung, 19 September 2011. Rapat yang diselenggarakan oleh BPKP Pusat ini, juga dihadiri para pelaku air minum dan BPPSPAM.

23.PERPAMSI Fasilitasi Empat PDAM Kerjasama dengan Asosiasi Air Minum Swedia



PERPAMSI dan DJCK-PU, memfasilitasi empat PDAM, yakni PDAM Kota Palembang, PDAM Kota Bogor, PDAM Kota Pontianak, dan PDAM Kota Denpasar, untuk bekerja sama dalam hal capacity building dengan Asosiasi Air Minum Swedia. Pertemuan pertama digelar di Kantor PU, 12 September 2011. Selain Direksi masing-masing PDAM, para pejabat DJCK, para delegasi Swedia, pertemuan juga dihadiri Ketua Umum, Syaiful.

24.PERPAMSI di Pertemuan Kedua Asosiasi Air Minum Swedia



Ketua Umum, Syaiful, menghadiri rapat evaluasi atau pertemuan kedua empat PDAM, yakni PDAM Kota Palembang, PDAM Kota Bogor, PDAM Kota Denpasar, dan PDAM Kota Pontianak, dengan Asosiasi Air Minum Swedia. Pertemuan yang difasilitasi DJCK-PU dan PERPAMSI, dilakukan di Jakarta, 16 September 2011. Pertemuan ini membahas hasil kunjungan lapangan para delegasi Swedia ke empat PDAM yang bekerja sama dari sisi capacity building dengan pihak Asosiasi Air Minum Swedia tersebut. (hal 56, 193, Oktober)

25.Ketua Umum Hadiri Pertemuan Forum Pelanggan Nasional



Ketua Umum, Syaiful, menghadiri dan menjadi salah satu pembicara di acara Pertemuan Forum Pelanggan Nasional Air Minum Pertama, di Jakarta, 22 Sepetember 2011. Acara yang difasilitasi oleh BPPSPAM ini bertujuan untuk membantu peningkatan pelayanan air minum di PDAM. Acara ini dihadiri beberapa direksi dan perwakilan forum pelanggan di daerah. (hal 48, 193, Oktober)

26.PERPAMSI di Acara KSAN 2011



Di ajang Konferansi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2011 di Jakarta, 11-13 Oktober, PERPAMSI dilibatkan sebagai salah satu pendukung acara, bersama institusi dan Kementerian terkait lain. Selain bertindak sebagai pembicara di salah satu sesi, PERPAMSI juga mengikuti ajang pameran dan berkontribusi menghadirkan peserta dari kalangan PDAM seluruh Indonesia.

Tidak seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, Konferensi Sanitasi kali ini juga melibatkan Air Minum. Hal ini mengisyaratkan bahwa Sanitasi dan Air Minum merupakan bagian yang tak terpisahkan dan sama-sama penting dalam kehidupan sehari-hari.
Pada acara KSAN, Ketua Umum, DIrektur Eksekutif, Ketua DPP Bidang Penyehatan PDAM, Rifqie Basri, didaulat menjadi pembicara.

27.Rapat Kerja DPP PERPAMSI 



Bersamaan dengan persiapan KSAN 2011, DPP PERPAMSI menggelar Rapat Kerja yang dihadiri hampir seluruh pengurus dan perangkat kerja (Staf Sekretariat). Rapat kerja yang digelar di Hotel Sahid, 10 Oktober 2011, dipimpin Ketua Dr. Syaiful dan Sekretaris Rudy Kusmayadie.
    Selain membahas Laporan Kegiatan dan Keuangan Sekretariat serta penyelenggaraan KSAN 2011, rapat juga membahas isu-isu penting seputar air minum, seperti Permendagri No. 2 Tahun 2007, rencana penyelenggaraan Asia Water Summit November 2011, progress Program Twinning Nasional, rencana Konferensi Air Baku, hasil pertemuan SAK-ETAP, dan hal lainnya.

28.Kerjasama PERPAMSI-JWWA



Japan Water Works Association (JWWA) mengundang PERPAMSI untuk menghadiri The 4th IWA-ASPIRE Conference and Exhibition di Tokyo, 2-5 Oktober 2011. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan International Water Association (IWA), dihadiri Ketua PERPAMSI, Dr. Syaiful, Sekum Rudy Kusmayadie, Direks Agus Sunara dan Kepala Biro Infokom dan Litbang Eddy Akhirwan.
    Dalam kesempatan ini PERPAMSI berkesempatan mempresentasikan kondisi perairminuman di Indonesia. Pihak ADB juga sepakat untuk memberikan kucuran dana sebesar USD 50.000 untuk PERPAMSI dalam rangka kerjasama dengan JWWA untuk peningkatan sumber daya manusia di kalangan PDAM. Rencananya program ini akan berjalan mulai Maret 2012.

29.Kunjungan Dewan dari Kota Parepare, Kota Bogor dan Kota Cirebon



Japan Water Works Association (JWWA) mengundang PERPAMSI untuk menghadiri The 4th IWA-ASPIRE Conference and Exhibition di Tokyo, 2-5 Oktober 2011. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan International Water Association (IWA), dihadiri Ketua PERPAMSI, Dr. Syaiful, Sekum Rudy Kusmayadie, Direks Agus Sunara dan Kepala Biro Infokom dan Litbang Eddy Akhirwan.
    Dalam kesempatan ini PERPAMSI berkesempatan mempresentasikan kondisi perairminuman di Indonesia. Pihak ADB juga sepakat untuk memberikan kucuran dana sebesar USD 50.000 untuk PERPAMSI dalam rangka kerjasama dengan JWWA untuk peningkatan sumber daya manusia di kalangan PDAM. Rencanya program ini akan berjalan mulai Maret 2012.

30.Workshop  PERPAMSI



Sebagai bagian dari Program Konsolidasi Benchmarking, yang menandai aktifnya kembali SItem Benchmarking yang sempat vakum, PERPAMSI menyelenggarakan On The Job Training untuk wilayah Jawa Barat dan Banten. Kegaitan yang dilakukan di Bandung, 19 Oktober 2011, diikuti oleh 39 peserta. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Umum Rudy Kusmayadie.

31.PERPAMSI Jalin Kerja Sama dengan KWWA



Ketua Departemen Kemitraan DPP PERPAMSI, Benny Andrianto, mewakili Ketua Umum, menandatangani MoU dengan Asosiasi Air Minum Korea, KWWA (Korea Water and Wastewater Association). MoU yang digelar di Daejon, Korea, 31 Oktober 2011, ditujukan untuk membangun hubungan yang kuat dalam berbagai bidang antara PERPAMSI dengan KWWA.

32.Ketua Umum Lantik Pengurus PERPAMSI



Ketua Umum Dr. Syaiful melantik kepengurusan baru PEPRAMSI DPD Sumut periode 2011-2015, yang digelar usai MAPAMDA Sumut, 29-30 Oktober 2011. Pada MAPAMDA yang dihadiri 35 PDAM se-Sumut, terpilih selaku Ketua DPD Sumur yakni Ahmad Thamrin (Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi) dan Sekretaris Indar Muda Dongoran (Kepala Divisi Umum PDAM Tirtanadi).

33.Program Twinning PERPAMSI di Batam



Tim Twinning dari PDAM Kabupaten Cianjur dan PDAM Kota Pekan Baru melakukan on the job training ke PDAM Mentor, PT ATB. On the job training dilakukan, 4-7 Oktober 2011. Para tamu diterima oleh Vice President  PT ATB, yang juga salah satu Ketua PERPAMSI, Benny Andrianto. Mewakili PERPAMSI Pusat, hadir Dwike riantara selaku fasilitator Program Twinning Nasional PERPAMSI. (193, Oktober)

34.Progress Program Twinning per Oktober
Empat Recipient PDAM Surabaya Implementasikan Rencana Kerja, PDAM Palembang Survey Diagnostik ke PDAM



Mentor PDAM Surabaya bersama empat PDAM Recipient, yaitu PDAM Magetan, PDAM Surakarta, PDAM Wonosobo, dan PDAM Kabupaten Semarang berhasil menyelesaikan Rencana Kerja Twinning untuk penurunan TKA. Pertemuan lengkap yang dihadiri para tim Twinning masing-masing PDAM, dilakukan di Surabaya, 24-27 Oktober 2011. Dengan demikian, per tanggal tersebut, kegiatan inti dari rencana kerja secara resmi mulai diimplementasikan.
Sementara itu, di bulan yang sama, PDAM Palembang melakukan survey diagnostik ke PDAM Recipient, PDAM Gunung Kidul.

35.PERPAMSI Berpartisipasi di Asia



PERPAMSI ikut berpartisipasi di acara Asia Water Summit (AWS) 2011, yang digelar di Jakarta International Expo (JI Expo) Kemayoran, 17-19 Nopember. Selain sebagai salah satu pembicara di beberapa sesi yang diadakan, PERPAMSI juga ikut di ajang pameran dan mengerahkan anggotanya (PDAM) untuk ikut selaku peserta. DI ajak yang dihadiri para professional air minum tingkat internasional tersbeut, Ketua Dr. Syaiful didaulat sebagai salah satu pembicara. (194, Nopember)

35.Workhsop Jurnalistik (Kehumasan)



Untuk membantu meningkatkan profesionalisme pejabat Humas PDAM, PERPAMSI menggelar Workshop Jurnalistik-Kehumasan, yang diadakan di Jakarta, 16 Nopember 2011. Ajang yang dibuka Direktur Eksekutif Agus Sunara, diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari kalangan PDAM di tanah air.
    Selain mengikuti Workshop Jurnalistik yang dipandu praktisi Komunikasi Asep Syamsul Romili, para peserta juga diarahkan untuk mengikuti agenda Asia Water Summit 2011. (194, Nopember)

36.Ketua Umum Hadiri Pemberian SNI kepada Itron



Ketua Umum, Dr. Syaiful, menghadiri pemberian sertifikat SNI untuk produk meter air, Itron. Pemberiaan sertifkat dilakukan pihak Sucofindo kepada Presdir PT Mecoindo-Itron, George Daenuwy, di CIkarang, 23 Nopember 2011. (des, hal 52)


37.IUWASH dan PERPAMSI Akan Bantu Atasi Masalah Air Baku di PDAM



Pihak IUWASH dan PERPAMSI (diwakili Direktur Eksekutif) telah melakukan pertemuan di Graha PERPAMSI, 29 Nopember 2011. Dalam pertemuan ini kedua belah pihak akan mencoba membantu mengatasi masalah PDAM, terutama dari sisi kelangkaan air baku. Upaya yang bisa diberikan kepada PDAM bisa dalam berbagai cara, salah satunya dengan mengadakan workshop bersama. (des, hal. 27)

38.PERPAMSI Fasilitasi Workshop 2 Penyehatan PDAM



Bersama BPPSSPAM dan institusi terkait lainnya, PERPAMSI ikut terlibat dalam Program Penyehatan 70 PDAM yang diprakarsai Direktorat Jenderal Cipta Karya untuk tahun 2011. Pada saat Workshop 2 Penyehatan PDAM, 1 Desember 2011, PERPAMSI ikut andil dalam workshop yang dihadiri Direktur dari 70 PDAM.
Acara ini dihadiri Sekretaris Umum, Rudie Kusmayadie dan Ketua DPP Bidang Penyehatan PDAM, Rifqie Basri. Dalam acara workshop ini, PERPAMSI menerjunkan para Direktur PDAM yang sudah berhasil di PDAM-nya masing-masing sebagai fasilitator. (des, hal 10)

39.PERPAMSI Ikut Bahas Pemberlakukan SAK-ETAP

Bersama dengan Direktorat Pendapatan dan Investasi Daerah, Ditjen Keuangan Daerah, Kemdagri, Direktorat Pengawasan BUMD-BPKP, Dit.PAM-PU, dan sejumlah PDAM, PERPAMSI (diwakili Direktur Eksekutif) ikut melakukan pembahasan mengenai pemberlakuan SAK-ETAP. Pertemuan dilakukan di Jakarta, 22 Desember 2011. Pertemuan ini membahas menegnai penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) bagi Laporan Keuangan PDAM.

40.PERPAMSI Gelar Workshop Benchmarking




PERPAMSI kembali menggelar workshop Benchmarking. Kali ini diselenggarakan di Jakarta, 29 Nopember 2011. Workshop yang diikuti perwakilan dari berbagai PDAM ini dibuka oleh Direktur Eksekutif, Ir. Agus Sunara. Workshop Benchmarking ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para personil PDAM. Diharapkan PDAM yang mengikuti program Benckmarking PEPRAMSI akan lebih maju dan pelayanannya semakin meningkat.

41.Direktur Eksekutif Buka Diklat Manajemen YPTD Tingkat Utama



Mewakili Ketua Umum, Dr. Syaiful, DEA., Dirketur Eksekutif Ir. Agus Sunara membuka Diklat Manajemen Air Minum Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan YPTD, 28 Nopember-3 Desember 2011. Diklat angkatan 27 ini diikuti oleh 24 peserta dari berbagai PDAM. Peserta Diklat Tingkat Utama rata-rata merupakan para Direksi.

42.PERPAMSI Gelar Seminar SDA di Batam



Menjelang tutup tahun 2011, PERPAMSI menyelenggarakan Seminar Kebijakan Nasional Sumber Daya Air, yang diselenggarakan di batam, 14 Desember. Seminar dibuka oleh Dirjen Cipta Karya, yang juga Ketua Dewan Penasehat PERPAMSI, Ir. Budi Yuwono. Acara yang dihadiri tak kurang dari 100 peserta yang sebagian besar para Direktur PDAM ini, juga dihadiri Ketua Umum PERPAMSI, Dr. Syaiful, DEA.

43.PDAM Bandarmasih Lakukan Survey Diagnostik ke PDAM Kutai Timur, PDAM Kota Palembang ke PDAM Kota Jambi



Tanggal 27 Nopember 2011, Tim Mentor PDAM Bandarmasih dan Fasilitator dari PERPAMSI, melakukan survey diagnostic ke PDAM Kutai Timur. Setelah melakukan diagnostik, kedua belah pihak menandatangani komitmen bersama atau LoI kerjasama Twinning.
    Survey diagnostic juga dilakukan Tim Mentor PDAM Tirta Musi ke PDAM Tirta Mayang Jambi. Survey dilakukan 21-23 Desember, dilakukan oleh tim twinning masing-masing, dan didampingi fasilitator dari DPP Perpamsi, Dwike Riantara.

44.Dirjen Cipta Karya Saksikan Penandatanganan MoU Twinning



Dirjen Cipta Karya Budi Yuwono, 14 Desember 2011, atau bertepatan dengan Seminar SDA di Batam, menyaksikan penandatanganan MoU Twinning antara PDAM Surabaya (Mentor) dengan PDAM Surakarta, PDAM Wonosobo, dan PDAM Kabupaten Semarang (Recipient). Serta antara PDAM Banjarmasing (mentor) dengan PDAM Kutai Timur (Recipient). Penandatangan diwakili oleh Direksi masing-masing, juga disaksikan Ketua Umum, Dr. SYaiful, DEA. (des, hal 24)

45.Ketua Umum Hadiri Evaluasi Program Hibah Air Minum dan Air Limbah Tahap I



Ketua Umum PERPAMSI, Dr. Syaiful, menghadiri evaluasi Program Hibah Air Minum dan Air Limbah Tahap I, yang diselenggarakan Kementerian PU, di Jakarta, 13 Desember 2011. Hasil evaluasi pihak Kementerian PU mengatakan bahwa Program Hibah Air Minum dan Air Limbah Tahap I dinilai berhasil, meski dengan beberapa catatan yang ditemui di lapangan.


#
#VIDEO PERPAMSI #

#ANGGOTA PERPAMSI #
Daftar Anggota PERPAMSI Seluruh Indonesia
#