#Organisasi #

ORGANISASI

Organisasi

Sesuai Anggaran Dasar organisasi, PERPAMSI mengadakan musyawarah antar perusahaan air minum seluruh Indonesia (MAPAM) setiap empat tahun, antara lain untuk memilih Ketua Umum PERPAMSI.  Ketua Umum menerima mandat untuk membentuk Dewan Pengurus Pusat yang terdiri atas Sekretaris Umum dan sejumlah Ketua Departemen.

Aktifitas sehari - hari dijalankan oleh Sekretariat Nasional di Graha PERPAMSI , Jakarta, dipimpin oleh
Direktur Eksekutif, didukung oleh tiga Kepala Biro:
1. Biro Organisasi dan Keuangan
2. Biro Penelitian pengembangan dan Pranata
3. Biro Infokom dan Kemitraan

PERPAMSI memiliki 29 Dewan Pengurus Daerah (DPD) yang meliputi 33 provinsi, yang memilih kepengurusan dan menjalankan aktifitas organisasi di wilayahnya masing - masing.

Dana

Pendapatan PERPAMSI berasal dari 3 sumber:
> iuran keanggotaan melalui mekanisme komisi dari kegiatan penagihan terpusat (85%)
> donatur (pendukung proyek)5%
> bunga deposito/ investasi 10%

Keanggotaan

Anggota Biasa

PERPAMSI memiliki 402 anggota biasa, yang mayoritas adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
milik pemerintah daerah di setiap kota / kabupaten, yang tersebar di seluruh nusantara, dari Sabang sampai Merauke, dan dari Pulau Talaud hingga Pulau Rote

Perwakilan setiap PDAM dalam organisasi PERPAMSI adalah Direktur atau Direktur Utama, atau Direksi PDAM.

Anggota Luar Biasa

Anggota Luar Biasa PERPAMSI terdiri atas perusahaan - perusahaan pabrikan atau supplier, asosiasi profesional. perguruan tinggi, dan lembaga - lembaga lainnya yang bergerak di bidang air minum.


Kantor-kantor Wilayah 

Tiap propinsi memiliki Dewan Pengurus Daerah (DPD PERPAMSI), yang terletak disalah satu PDAM terbesar dalam wilayah propinsi itu. Saat ini tugas utamanya adalah mengelola informasi dalam propinsi tersebut, namun dalam waktu dekat akan berperan penting dalam implementasi proyek, pelatihan dan penyebarluasan kinerja yang efektif.

Produk dan Layanan

Program Benchmarking

Pada tahun 2003, PERPAMSI mendirikan Sistem Benchmarking yang didukung oleh World Bank sebagai suatu kerangka kerja untuk membantu anggota meningkatkan kinerja. Sistem ini masih berjalan dengan 115 anggota yang aktif.

Training, Seminar dan Workshop

PERPAMSI mengadakan berbagai pelatihan, seminar dan workshop secara rutin untuk menyebarluaskan keahlian dan pengetahuan terbaru, terutama bagi sumber daya manusia PDAM. Forum - forum ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman diantara sesama PDAM.

Majalah Bulanan dan Website

Majalah Air Minum adalah salah satu ikon PERPAMSI terpopuler. Diterbitkan sejak tahun 1975 dan dilanggan oleh seluruh PDAM di Indonesia dengan tiras 6.000 eksemplar setiap bulan.

Perpustakaan dan Pusat Informasi

Didirikan pada tanggal 8 April 2010, perpustakaan PERPAMSI diproyeksikan untuk menjadi pusat informasi air minum, khususnya yang diselenggarakan oleh PDAM, yang melayani penelusuran data dan informasi secara konversi maupun digital.

Dewan Pengurus Pusat (DPP) PERPAMSI 2013 - 2017




#
#VIDEO PERPAMSI #

#ANGGOTA PERPAMSI #
Daftar Anggota PERPAMSI Seluruh Indonesia
#